STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA KENORMALAN BARU

Dian Novita Sari(1), Firdaus W. Suhaeb(2*), Ernawati S. Kaseng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.43452

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis strategi guru sekolah dasar dalam pembelajaran pada masa kenormalan baru di SD Inpres Paradaiya No.99 Kepulauan Selayar untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian, yakni guru kelas 3 dan kelas 5, siswa dan Kepala Sekolah SD yang ditentukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui observasi, wawancara partisipatif, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik  triangulasi sumber. Analisis  data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif, melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pada masa kenormalan baru, maka strategi yang digunakan guru kelas dalam pembelajaran di  kelas, yakni melalui strategi belajar dalam kelompok kecil dimana siswa dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan beberapa siswa. Kemudian strategi belajar di area terbuka dimana pembelajaran dilakukan di luar ruangan kelas seperti di lapangan upacara atau lapangan olahraga, dan strategi belajar sambil bermain di dalam kelas, serta strategi guru melalui tanya jawab  ketika guru selesai menjelaskan materi pelajaran. Adapun makna tindakan sosial pada strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran pada masa kenormalan baru merupakan tindakan rasional instrumental.

Keywords


Strategi, Guru, Pembelajaran, Kenormalan baru

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017) ‘Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), pp. 24–31.

Aulia Febri Anggrani dan Dr. H. Yoyok Soesatyo, SH, M. (2013) ‘Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekonomi Di Sma Negeri Bandarkedungmulyo Jombang’, Jurnal Pendidikan Ekonomo UNESA, p. 5.

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Asyiknya belajar sambil bermain. Guepedia.

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. I. P. (2016) ‘Efektif Berbasis Mobile’, Iqra’, 10(1), pp. 0–14.

Pandiangan, N. N., Syahrial, S. and Budiono, H. (2021) ‘Strategi Guru Dalam Menciptakan Proses Pembelajaran Menyenangkan Sebelum Dan Saat Masa Pandemi Covid-19’. Available at: https://repository.unja.ac.id/20763/.

Rosyid, M. Z. (2021). Outdoor Learning Belajar di Luar Kelas. CV Literasi Nusantara Abadi.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.

Sartika, D. (2022). Kendala Strategi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Setyosari, P. (2017) ‘Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), pp. 20–30. doi: 10.17977/um031v1i12014p020.

Sofiyana. (2020). Analisis Tindakan Sosial Max Weber di Lingkungan Sekitar Masyarakat Makassar Dalam Kehidupan Sehari-Hari, 5-9

Sutomo, S. (2017). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dengan Metode Tim Kuis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Kky 1 Materi Menyiapkan Proses Konstruksi Kayu Pada Smk Negeri 1 Wonoasri Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 191-226.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Novita Sari, Firdaus W. Suhaeb, Ernawati S. Kaseng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats