RESPONSIVITAS PELAYANAN UMUM DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENDAFTARAN SIPIL KABUPATEN BONE

Mashuri Mashuri(1*), Asriadi Asriadi(2), Irmawati Irmawati(3),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i2.43092

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui responsivitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone yang digunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini yaitu kepala dinas catatan sipil kabupaten Bone dan masyarakat sebagai penerima layanan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi yang dianalisis melalui teknik interaktif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Tingkat responsivitas pegawai dalam memberikan pelayanan dinilai memiliki responsivitas yang baik dengan indikator penilaian yaitu kemampuan pegawai untuk merespon masyarakat, kecepatan dan ketepatan menyelesaikan kebutuhan masyarakat, kecermatan menghasilkan pekerjaan yang baik, ketepatan waktu, dan adanya kemampuan menanggapi berbagai keluha masyarakat. Sistem pelayanan kepada publik yang sudah baik dengan indikator variabel yaitu efisiensi pelayanan, loyalitas kelompok kerja, semangat kerja sama,, prosedur pelayanan, dan  sarana dan prasarana yang baik sehingga hal ini perlu dipertahankan atau ditingkatkan guna memberikan pelayanan yang prima kepada publik.

Keywords


Responsivitas, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Ainur, Rohman. Ahmad et al.2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi. Halaman 19-21.

Ardin Dolok Saribu. 2017. Pengaruh Penerapan Prinsip Good Government Governance Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Ekonomi, Volume.20.No.1 Hal 94

Kasmir. 2017. Layanan Masyarakat Prima (Teori dan Praktek). Jakarta: Rajawali Press.

Donni Juni Priansa dan Agus Garnida. 2012. Manajemen Perkantoran, Efektif, Efisien dan Profesional. Cetakan Pertama, Bandung: Alphabeta. halaman 11

Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press. Hal 148.

Lijan Poltak Sinambela, dkk. 2016. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mathis, Robert L., dan John H. Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2005. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta : UI Press.

Sedarmayanti. Sedarmayanti. 2010. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Good Governance). Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. cetakan ke-23. Bandung: Alfabet. Hal.

Tangkilisan, Hassel Nogi 2005. “Manajemen Publik”. Jakarta; Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mashuri Mashuri, Asriadi Asriadi, Irmawati Irmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats