PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MELALUI DIKLAT PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

Yuyun Nuriah(1*), Megawati Megawati(2), Muhammad Farid Wiranto(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i2.40666

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan salah satu program penjaminan mutu dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik dan professional guru, khususnya di SMK 2 dan SMK 44 Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kompetensi paedagogik dan professional di SMK 2 dan SMK 44 Jakarta Pusat. Pada nilai presentase penyusunan RPP, terjadi peningkatan dari 69,33% pada fase Pra Siklus menjadi 82,65% pada fase siklus satu dan 96,67% pada siklus dua. Dari nilai presentase proses pembelajaran, didapatkan bahwa terjadi peningkatan dari 58,23% pada fase Pra Siklus menjadi 73,54% pada fase Siklus Satu dan 89,37% pada Siklus Dua. Implikasi penelitian ini terhadap kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta dan dilanjutkan Tim Abdimas Unindra Jakarta adalah agar kegiatan pendampingan ini dapat dilaksanakan lebih lanjut dengan melibatkan seluruh guru yang ada di sekolah tersebut. Ini diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik dan professional guru yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 revisi 2017.

Keywords


Guru, Kompetensi, Pedagogik, Profesional

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dasna, I. W. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research). Materi acuan pada Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: PSG Rayon 15 Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta : Depdiknas.

Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. 2016. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah RI.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. 2017. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah RI.

John C. Creswell. 2015. Penelitian Kulitatif dan Desain Riset: Memilih antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Nawawi, H. Hadari. 1998. Metode Penelitian Deskriptif. Yogyakarta Gajah Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

FX. Soedarsono. 2001. Apikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdiknas.

Saipurrahman. 2015. Mengapa Guru Kurang Mampu Melakukan PTK, (Online), (http:// www.lpmpkalsel.net/article-34-mengapaguru-kurang-mampu-melakukan-ptk.html)

Suhardjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuyun Nuriah, Megawati Megawati, Muhammad Farid Wiranto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats