PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBALAJARAN DARING

Hariany Idris(1*), Nur Afiah(2), Mukhammad Idrus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i2.38697

Abstract


Wabah COVID-19 saat ini telah menyebar diseluruh penjuru Dunia termasuk Indonesia memiliki banyak dampak yang salah satunya berdampak pada pembelajaran. Dengan adanya pandemi, kerangka pembelajaran yang terputus telah berubah menjadi kerangka kerja pembelajaran berbasis web/ daring yang memiliki kelemahan antara lain terbatasnya kewenangan inovasi data oleh pendidik dan siswa, kurangnya kantor dan yayasan, terbatasnya akses internet, tidak adanya penyusunan rencana pengeluaran dan ongkos serta biaya yang digunakan selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa-apa saja persepsi orang tua murid mengenai peraturan pembelajaran online atau daring yang ditetapkan oleh pemerintah. Metode penelitian menggunakan strategi kualitatif deskriptif dengan menggunakan 4 responden. Adapun hasil penelitian didapatkan tentang persepsi orangtua terhadap pembelajaran daring ada 4 kriteria, yaitu kedua orangtua bekerja, salah satu orang tuanya bekerja, kedua orangtua tidak bekerja, dan keduanya bekerja namun bekerja dirumah. Hal tersebut berkaitan pada orangtua dengan anaknya yang melaksanakan proses pembelajaran daring dirumah sehingga terdapat berbagai persepsi orangtua mengenai kendala orangtua dalam mendampingi anak belajar daring, upaya yang dilakukan orangtua dalam mendampingi anak, pemahaman anak terkait pembelajaran daring atau luring, serta rasa optimis orang tua terhadap pembelajaran daring.

Keywords


Pembelajaran Daring, Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak, Upaya Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Samarrai, S., Gangwar, M., & Gala, P. (2020).The impact of the COVID-19 pandemic on education financing.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus Pada Siswa Usia 10-12 Tahun Pada Mata Pelajaran IPA). Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 140-164.

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96.

Dini, J. P. A. U. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (Eds.). (2020). Minda Guru Indonesia: Guru Dan Pembelajaran Inovatif Di Masa Pandemi COVID-19. Syiah Kuala University Press.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56-61.

Harchay, A., Berguiga, A., Belcadhi, L. C., & Braham, R. (2019). Student Perception of Mobile Self-assessment: an Evaluation of the Technology Acceptance Model. Interaction Design and Architecture(s) Journal. 41. 109-124.0.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.

Isnaini, I. N., Rati, N. W., & Suranata, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2).

Khadijah, K., & Gusman, M. (2020).Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19.Kumara Cendekia, 8 (2), 154.

Lestari, M. D., Ningrat, H. K., & Mizriaty, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE SERTA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN POHDANA GERUNG LOMBOK BARAT. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 3(1), 85-93.

Lutfi, M. K., Kusumastuti, F. A., Rusmayati, M., & Wulansari, R. S. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 171-179.

Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., & Rahmadini, V. W. (2020).IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING (ONLINE COLLABORATIVE LEARNING) DALAM RANGKA PEMBENTUKAN DUKUNGAN SOSIAL MAHASISWA PG PAUD FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. J. Pendidik. Dan Psikol. Pint. Harati, 16(2), 1-17.

Nurhalimah, R. (2021). Persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar anak di rumah: Penelitian pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas IV di MI Husainiyah (Doctoral dissertation, Uin sunan gunung djati bandung).

Nurhayati, N., & Hayani, I. (2021, May).Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19-Perspektif Orang Tua.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Setia Budhi (Vol. 1, No. 1, pp. 25-30).

Nuriana, I., & Adelina, F. (2021). PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 83-90.

Prihatin, P. (2021). Peran Orang Tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (daring) Saat Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146-154.

Putra, R., & Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020).Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73-81.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta.Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Slameto.(2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Rnd. Bandung: Alfabeta

Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global COVID-19 dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-digital?. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 131-137.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of travel medicine.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hariany Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats