DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA STUDI KOTA MAKASSAR

Rahmatullah Rahmatullah(1), A. Siti Mugni Alfiani(2*), Inanna Inanna(3), Nurjannah Nurjannah(4), Muhammad Hasan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i2.34704

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk pengembangan desain pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila bagi Sekolah Menengah Atas(SMA) di Kota Makassar.  jenis penelitian ini merupakan jenis yang dilakukan dengan Research and Development yang juga biasa disebut penelitian pengembangan.  metode pengumpulan data yang diterapkan dengan melakukan pengamatan atau observasi wawancara dan juga melakukan dokumentasi  yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar dengan menggunakan responden tenaga pendidik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan juga siswa-siswi kelas X.  dari penelitian ini dihasilkan dengan cara menggunakan tahapan research and develpoment penyederhanaan  dimulai dengan tahap menganalisis pembelajaran yang dibutuhkan dan yang akan dikembangkan kemudian mengidentifikasi desain pembelajaran yang dikembangkan di mana tahap pengembangan ini meliputi 1) perencanaan, 2) pengembangan, 3) uji coba tahap awal4) revisi produk desain pembelajaran yang dikembangkan dan yang terakhir adalah tahap  uji coba tahap akhir.  dari hasil uji coba desain pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengimplementasikan Silabus dan juga rencana pelaksanaan program yang dibuat dan ditemukan hasil penilaian terhadap desain pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila yang dikembangkan sangat efektif untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran di sekolah Madrasah AliyahNegeri 1 Makassar.

 


Keywords


Desain Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Menengah Atas (SMA)

Full Text:

PDF

References


Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25 (1).

Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2018). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja tenaga pendidik Ekonomi Pada Sma Negeri Di Kota Makassar. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan,1(2). Https://Doi.Org/1 0.26858/Jekpend.V1i2.7267

Grayson,T. E. (2015). Program Evaluation In Higher Education. In Handbook On Measurement, Assessment, And Evaluation In Higher Education. Https://Doi.Org/10.4324/ 9780203142189.Ch29

Juliani,A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Pro-fesional tenaga pendidik: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peq tenaga pendidik ang: Conference Series,1 (1).

Mushlihah, K.,Yetri,Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman Dengan Output Instagram Pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education,1 (3).Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme. V1i3.3595

N, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9 (Manager Pendidikan).

Qamariyah, N. (2018). Teori Belajar Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Journal Of Materials Processing Technology,1(1).

Rabania, Rahmatullah, Inanna, M. R., & Mustar. (2020). Desain Materi Ekonomi Tematik Berbasis Komik Berkarakter Untuk Anak Usia Dini. Eprints.

Rahmatullah., & Inanna. (2019). Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berjati Diri Bangsa Pada Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke58 Unm,1.

Rahmatullah, R., Inanna,I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,12 (2).

Rahmawati, D., Yuberti, Y., & Syafrimen, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EModul Dengan Menggunakan Sigil Software Pada Materi Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika,12(2). Https://Doi.Org/10.26877/Jp2f.V12i1.7546

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5 (1). Https://Doi.Org/10.31316/Jk.V5i1. 1402

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran tenaga pendidik Penggerak Dalam Pendidikan. Dinamika Pendidikan,14 (2).

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad 21. Pustaka Media tenaga pendidik .

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Alfabeta.

Trismayanti, S. (2020). Strategi Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AlIshlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (2). Https://Doi.Org/10.35905/Alishlah.V17i2.1045

Wahyuni, D., Inanna, I., Marhawati, M.,Hasan, M., & Rahmatullah, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Indonesian Journal Of Social And Educational Studies,1(1).

Widayanti,W.,Yuberti,Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Model Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6 (1). Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V6i1.10908


Article Metrics

Abstract view : 513 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 rahmatullah rahmatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats