PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI JIGSAW DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 21 MAKASSAR

Andi Wahidah(1*),

(1) SMA Negeri 21 Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK: Upaya mencerdasan bangsa harus ditunjang dengan proses pendidikan yang terencana dan berkualitas sebagai suatu proses transformasi nilai-nilai edukatif. Oleh karena itu, sebagai hal yang fundamental, maka baik pendidikan formal, informal maupun nonformal harus saling menunjang dan saling mengisi hingga mencapai taraf pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Berdasarkan uraian pembahasan yang telah dikemukakan, maka adapun kesimpulan yang apat diberikan adalah sebagai berikut : tingkat partisipasi dan daya serap siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi sebelum menggunakan model jigsaw di kelas X.1 SMA Negeri 21 Makassar masih kurang. Tingkat partisipasi dan daya serap siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.1 SMA Negeri 21 Makassar dengan menggunakan metode diskusi model jigsaw mampu meningkatkan partisipasi dan daya serap siswa. Berdasrakan kesimpulan diatas maka dapat ditarik beberapa sara-saran yang dapat diberikan yaitu: Sebaiknya guru senantiasa meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik profesional yang handal dan tangguh sesuai dengan undang-undang Guru dan Dosen dan yang kedua sebaiknya guru senantiasa mampu mengembangkan metode belajar mengajar yang dipergunakannya agar siswa mampu memiliki tingkat partsipasi daya dan serap yang baik dalam kegiatan belajar mengajar.

 

KATA KUNCI: Daya Serap, Metode Jigsaw

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 975 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal SUPREMASI



 

 

Published by:

SUPREMASI is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jalan Raya Pendidikan Gunungsari Makassar 90222
Kampus FIS UNM Makassar Gedung FIS Lt.1
Email : [email protected] dan [email protected]
Hp. +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : Proses (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI:Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASI: Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Indexed by

 

Web Analytics View My Stats