URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM SOCIAL STUDIES SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER CERDAS BAGI GENERASI MUDA PADA ERA GLOBAL
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20501
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanullah, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship).
Banks, J. A. (2017). Failed citizenship and transformative civic education. Educational Researcher, 46(7), 366–377.
Barr, R.D., Barth, J.L, & Shermis, S. . (1977). Defening the Social Studies. National Council for the Social Studies.
Berkowitz, M. W., Lickona, T., Nast, T., Schaeffer, E., & Bohlin, K. (2020). THE ELEVEN PRINCIPLES OF EFFECTIVE CHARACTER EDUCATION: A Brief History. Journal of Character Education, 16(2), 1–10.
CCE. (1994). National Standard for Civic and Government. Calabasas.
Effendi, R. (2012). Perspektif Dan Tujuan Pendidikan IPS. Modul Pengembangan Pendidikan IPS: UPI Bandung.
Hamidi, J., & Lutfi, M. (2010). Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.
Ine Kusuma & Markum Susatim. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Ghalia Indonesia.
Jarolimek, John and Parker, W. C. (1993). Social Studies in Elementary Education (9th Editio). Macmillan Publishing Company.
Kamaruddin Hidayat. (2008). Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Kencana, Prenada Media Group.
Larry P. N, D. N. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Handbook of Moral and Character Education). Nusa Media.
Lickona, T. (2004). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon and Schuster.
Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Komunitas Bambu.
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.
Prayitno, & Manullang, B. (2011). Pendidikan karakter dalam pembangunan bangsa. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).
Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta Bandung.
Sapriya, H. (2007). Pemikiran Pakar Tentang Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Disertasi Doktor Pada Universitas Pendidikan Indonesia.
Sariyatun. (2019). Pengorganisasian Materi IPS dalam Kurikulum. MIPS Majalah Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial., Volume 9 N.
Somantri, M. N., Indonesia, U. P., Supriadi, D., & Mulyana, R. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS: menandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M. Sc., guru besar senior PPS dan FPIPS UPI. Diterbitkan atas kerjasama Program Pascasarjana dan FPIPS UPI dengan PT ….
Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.
Winarno, W. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan: Isi, strategi, dan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarno, Winarno. (n.d.). Karakter Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas. PKn Progresif, 7(1), 159625.
Winataputra, U. (2001). Apa dan Bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan. Sawangan Depok.
Wuryandani & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Ombak.
Article Metrics
Abstract view : 2970 times | PDF view : 389 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hasni Hasni, Sapriya Sapriya, Erlina Wiyanarti
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).
Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222
Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)
SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by