URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM SOCIAL STUDIES SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER CERDAS BAGI GENERASI MUDA PADA ERA GLOBAL

Hasni Hasni(1*), Sapriya Sapriya(2), Erlina Wiyanarti(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20501

Abstract


Ruang lingkup kajian pendidikan kewarganegaraan merupakan bidang kajian yang bersifat multifacet dengan konteks lintas bidang keilmuan. Dengan Pendidikan Kewarganegaraan dalam social studies dengan baik dan benar diharapkan generasi penerus bangsa Indonesia akan memiliki karakter cerdas (smart), memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan di tengah masyarakat, melakukan transfer of learning (proses pembelajaran diri), transfer of values (proses penjawantahan nilai-nilai), dan transfer of principles (proses pengalihan prinsip-prinsip) demokrasi, HAM, dan masyarakat madani dalam kehidupan nyata. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan mengkaji lembar-lembar pustaka dari berbagai kriteria mulai dari buku, jurnal atau artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan dalam social studies adalah sebagai pewarisan nilai kewarganegaraan dengan menanamkan kepada anak didik suatu komitmen dasar tentang nilai-nilai kemasyarakatan yaitu nilai pengetahuan,  tingkah laku dan nilai-nilai kekayaan budaya serta membantu anak didik untuk mengembangkan kemampuannya untuk mengaplikasikan nilai-nilai kemasyarakatan tersebut. Sedangkan urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam social studies sebagai pembentukan karakter cerdas bagi generasi muda di era global adalah warga negara yang memiliki pengetahuan dan sikap kewarganegaraan akan menjadi warga negara yang percaya diri (civic confidence), warga negara yang memiliki pengetahuan dan keterampilan menjadi warga negara yang mampu (civic competence), warga negara yang memiliki sikap dan keterampilan kewarganegaraan akan menjadi warga negara yang komitmen (civic commitment), sehingga  warga negara atau generasi muda yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan kewarganegaraan akan menjadi warga negara  smart dan good citizenship

Keywords


Pendidikan Kewarganegaraan, Social Studies , Karakter Cerdas

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship).

Banks, J. A. (2017). Failed citizenship and transformative civic education. Educational Researcher, 46(7), 366–377.

Barr, R.D., Barth, J.L, & Shermis, S. . (1977). Defening the Social Studies. National Council for the Social Studies.

Berkowitz, M. W., Lickona, T., Nast, T., Schaeffer, E., & Bohlin, K. (2020). THE ELEVEN PRINCIPLES OF EFFECTIVE CHARACTER EDUCATION: A Brief History. Journal of Character Education, 16(2), 1–10.

CCE. (1994). National Standard for Civic and Government. Calabasas.

Effendi, R. (2012). Perspektif Dan Tujuan Pendidikan IPS. Modul Pengembangan Pendidikan IPS: UPI Bandung.

Hamidi, J., & Lutfi, M. (2010). Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Ine Kusuma & Markum Susatim. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Ghalia Indonesia.

Jarolimek, John and Parker, W. C. (1993). Social Studies in Elementary Education (9th Editio). Macmillan Publishing Company.

Kamaruddin Hidayat. (2008). Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Kencana, Prenada Media Group.

Larry P. N, D. N. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Handbook of Moral and Character Education). Nusa Media.

Lickona, T. (2004). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon and Schuster.

Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Komunitas Bambu.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.

Prayitno, & Manullang, B. (2011). Pendidikan karakter dalam pembangunan bangsa. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta Bandung.

Sapriya, H. (2007). Pemikiran Pakar Tentang Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Disertasi Doktor Pada Universitas Pendidikan Indonesia.

Sariyatun. (2019). Pengorganisasian Materi IPS dalam Kurikulum. MIPS Majalah Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial., Volume 9 N.

Somantri, M. N., Indonesia, U. P., Supriadi, D., & Mulyana, R. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS: menandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M. Sc., guru besar senior PPS dan FPIPS UPI. Diterbitkan atas kerjasama Program Pascasarjana dan FPIPS UPI dengan PT ….

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Winarno, W. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan: Isi, strategi, dan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Winarno. (n.d.). Karakter Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas. PKn Progresif, 7(1), 159625.

Winataputra, U. (2001). Apa dan Bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan. Sawangan Depok.

Wuryandani & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Ombak.


Article Metrics

Abstract view : 2970 times | PDF view : 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hasni Hasni, Sapriya Sapriya, Erlina Wiyanarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats