MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X IPA 2 SMAN 2 PALANGKA RAYA

Sakman Sakman(1*), Ara Ara(2),

(1) Universitas Palangka Raya
(2) SMA Negeri 2 Palangka Raya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i1.13483

Abstract


Salah satu permasalahan di kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Palangka Raya yaitu kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan peserta didik di dalam proses pembelajaran hanya terpusat pada kelompok yang menyampaikan presentasi makalah  bahkan ada beberapa peserta didik yang bermain sendiri. Peserta didik  cenderung pasif atau diam, tidak mau berinisiatif bertanya, apalagi menanggapi walaupun diberikan kesempatan untuk bertanya. Hal ini juga menunjukkan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum megoptimalkan keaktifan peserta didik, sehingga yang terjadi adalah komunikasi yang satu arah saja dan membuat suasana pembelajaran cenderung membosankan. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi pembelajaran diatas yakni dengan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mampu membantu peserta didik dalam mengembangkan pemikirannya, pemahaman dan sikapnya sehingga mampu berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu alternatif tindakan yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif  dengan media Video YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar peserta didik (berdasarkan indikator penilaian) dari siklus I ke siklus II yakni 80% peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Namun penting untuk juga diketahui bahwa peran guru sangat dibutuhkan terutama dalam membimbing peserta didik pada proses pembelajaran.

Keywords


Partisipasi Belajar, Media Video YouTube, Pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung; PT remaja Rosdakarya

Arikunto. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Mataram: Rineka Cipta

Aziz Wahab dan Udin S. 2002. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Universitas Terbuka

Bruce Joyce, dkk diterjemahkan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. 2009. Model of Teaching Model-model pengajaran Edisi Delapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Model-model pembelajaran IPS/PKn

Etin Solihatin dan Raharjo. 2008. Analisis Model pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara.

Etin, Solihatin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn, Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 1993. Strategi Belajar Mengajar: Mandar Maju

Kaelan. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma

Masnur Muslich. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksaras

Ngalim, Purwanto. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya

Miftahul, Huda. 2013. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paisaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), Bandung : Alfabeta.

Robert E.Slavin diterjemahkan oleh Narulita Yusron. 2005. Cooperative Learning : theory, research and practice. Bandung: Nusa Media

Rochiati, Wiriaatmadja. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta; Prestasi Pustaka Publisher

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zainal, Aqib. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Wi


Article Metrics

Abstract view : 1266 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sakman Sakman, Ara Ara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats