PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X3 SMA NEGERI 3 PINRANG (Penerapan Tipe Teams Assited Individualization dan Group Investigation)
(1) STKIP Cokroaminoto Pinrang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i1.13441
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Apitasari, R. 2005. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Stokiometri Siswa Kelas X-6 Semester 1 SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: UNNES
Hamalik, D. O. 1995. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2004. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harisantoso, J. 2005. Pendekatan kooperatif model group investigation suatu analisis pengantar. Edusaintek, 1(1), 1–8.
Haryono, M. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika. Widyatama.
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Sanjaya, W. 2015. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Siregar, F. M. 2013. Religious leader and charismatic leadership in Indonesia: the role of Kyai in Pesantren in Java. Jurnal Kawistara, 3 (2).
Siregar, R., & Carissa, J. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Permainan Menggunakan Bola Besar dalam Pendidikan Jasmani di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 12 (2), 11–21.
Slameto. 1988a. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Slameto. 1988b. Evaluasi pendidikan. Penerbit Bumi Aksara.
Slavin, R. E. 1978. Student teams and comparison among equals: Effects on academic performance and student attitudes. Journal of Educational Psychology, 70(4), 532.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media, 236.
Sudjana, N., & Ibrahim, R. 1989. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Trianto, S. P., & Pd, M. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Zahra, N., Suherman, A., & Permana, T. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Aktivitas, Interaksi, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 213–218.
Article Metrics
Abstract view : 381 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Athirah Athirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).
Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222
Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)
SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by
View My Stats