PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X3 SMA NEGERI 3 PINRANG (Penerapan Tipe Teams Assited Individualization dan Group Investigation)

Atirah Atirah(1*),

(1) STKIP Cokroaminoto Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i1.13441

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan pendekatan Deskriptif-kuantitatif. Rancangan penelitian ini one group pretest-posttet design. Subjek penelitian adalah kelas X3 SMA Negeri 3 Pinrang dengan jumlah 30 peserta didik. Tujuan peneltian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh dari kolaborasi dua metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian Penrapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation  (GI) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X3 SMA Negeri 3 Pinrang menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran Koperatif tipe TAI dan GI secara bersama-sama dalam setiap proses pembelajaran adalah sebagai berikut (i) membuat peserta didik dapat berinteraksi dengan baik dalam proses pembelajaran, (ii) keaktifan peserta didik dalam menonjolkan kemampuan individunya dan (iii) mengeksplor pengetahuan peserta didik yang ditunjukkan dengan cara penyampaian jawaban dari pertanyaan yang diberikan juga sangat terlihat dengan baik. Sehingga dalam akumulasi penilaian akhir hasil belajar peserta didik, semua peserta didik memiliki nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal atau semua peserta didik dinyatakan lulus pada materi yang diajarkan.

Keywords


Penerapan Tipe Teams Assited Individualization, Group Investigation, Pembelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Apitasari, R. 2005. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Stokiometri Siswa Kelas X-6 Semester 1 SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: UNNES

Hamalik, D. O. 1995. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2004. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harisantoso, J. 2005. Pendekatan kooperatif model group investigation suatu analisis pengantar. Edusaintek, 1(1), 1–8.

Haryono, M. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika. Widyatama.

Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sanjaya, W. 2015. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, F. M. 2013. Religious leader and charismatic leadership in Indonesia: the role of Kyai in Pesantren in Java. Jurnal Kawistara, 3 (2).

Siregar, R., & Carissa, J. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Permainan Menggunakan Bola Besar dalam Pendidikan Jasmani di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 12 (2), 11–21.

Slameto. 1988a. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Slameto. 1988b. Evaluasi pendidikan. Penerbit Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 1978. Student teams and comparison among equals: Effects on academic performance and student attitudes. Journal of Educational Psychology, 70(4), 532.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media, 236.

Sudjana, N., & Ibrahim, R. 1989. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N., & Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Trianto, S. P., & Pd, M. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zahra, N., Suherman, A., & Permana, T. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Aktivitas, Interaksi, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 213–218.


Article Metrics

Abstract view : 381 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Athirah Athirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats