PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN DEGRADASI MORAL DI ERA GLOBALISASI

Sakman Sakman(1*), Bakhtiar Bakhtiar(2),

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v14i1.13301

Abstract


Era globalisasi ditandai saling keterbukaan dan ketergantungan antar negara menjadikan negara tidak mengenal batas-batasnya (borderless state) sehingga arus informasi dan telekomunikasi berkembang sangat pesat. Kompetisi antar negara semakin ketat, baik pada bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan dan pendidikan. Bagi Indonesia era globalisasi ini tidak hanya mengarah pada kepentingan dalam negeri akan tetapi juga mengarah pada kepentingan global. Menghadapi era globalisasi harus disertai dengan penguatan pendidkan karakter bagi generasi muda untuk menangkal dekadensi moral. Oleh karena perlu mengantsipasinya melalui pendidikan kewarganegaraan sebagai bagian dari pendidikan karakter. Melalui Pendidikan Kewarganegeraan, akan membangun, membentuk, dan membina karakter generasi muda sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa sesuai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Perkembangan zaman disikapi dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan era globalisasi dihadapi dengan membekali manusia Indonesia terutama generasi muda untuk sadar akan budaya luhur bangsa yang menjadi pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui pendidikan kewarganegaraan.

Keywords


Pendidikan, Kewarganegaraan, Degradasi, Moral, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Azizan, N., & Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pancasila di Era Revolusi Insdustri 4.0.

Fauziah, Tatik. 2016. Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme. Aceh: Jurnal pendidikan serambi ilmu.

Indrawan, J., & Aji, M. P. (2018). Pendidikan Bela Negara Sebagai Mata Kuliah di Perguruan Tinggi. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 8 (3).

Jannah, R. (2018). Menciptakan Kewarganegaraan Ekologis di Era Digital Melalui Kampoeng Recycle Jember. Journal of Urban Sociology, 1(2), 14-26.

Juliati. 2015. Mobilitas Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Bandung: Jurnal Pendidikan STKIP PGRI Sukabumi.

Mumpuni, S. D., & Nurpratiwiningsih, L. (2018). Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Menghadapi Pergeseran Budaya di Era Milenial. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 1-10.

Purwanti, A. (2017). Prosiding Focus Group Discussion Badan Pengkajian MPR RI: Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara Ideologi Bangsa dan Negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sihotang, K. (2017). Berpikir Kritis: Sebuah Tantangan dalam Generasi Digital. Jurnal Etika Respons, 22(02).

Sa’diyah El Adawiyah, S., & Swarnawati, A. Hubungan Media Baru dengan Sikap Nasionalisme Remaja di DKI Jakarta. Information and Communication Technology, 95.

Setyawan, D. 2014. Tawuran Pelajar Memprihatinkan Dunia Pendidikan. Diakses tanggal 9 Desember 2016.

Tryas. 2014. 22 Persen Pengguna Narkoba Kalangan Pelajar. http://www.harianterbit.com/read/2014/09/13/8219/18/18/22-Persen-Pengguna-Narkoba-Kalangan-Pelajar. diakses tanggal 9 Desember 2016.

Wignjosoebroto, S. 1997. “Kejahatan Perkosaan Telaah Teoritik dari Sudut Tinjau Ilmu-Ilmu Sosial, alam Eko Prasetyo dan Suparman Marzuki, ed. Perempuan dalam Wacana Perkosaan , Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia. Yogyakarta.

Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia.


Article Metrics

Abstract view : 12086 times | PDF view : 1839 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sakman Sakman, Bakhtiar Bakhtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats