PERSEPSI GURU TERHADAP PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) (Studi pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto)

Anugrah Sukmawati(1*), Hasnawi Haris(2), Mustari Mustari(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v14i2.13147

Abstract


Persepsi Guru Terhadap Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS)
(Studi Pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto). Skripsi Jurusan Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.
Dibimbing oleh Mustari dan Hasnawi Haris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) Pengetahuan guru UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto terhadap penilaian
Higher Order Thinking Skills (HOTS); (2) Sikap guru UPT Satuan Pendidikan SMAN 1
Jeneponto terhadap penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian
deskriptif kualitatif. Berdasarkan sumbernya, jenis data yang digunakan yaitu data primer
dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara terhadap guru aktif
pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto. Sedangkan data sekunder yaitu data
yang diperoleh dari berbagai literatur seperti buku dan undang-undang maupun sumber
lain yang berkaitan. Pengolahan data dan penyajian data dilakukan secara deskriptif.Hasil
penelitan menunjukkan bahwa: 1) Guru UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto
belum mengetahui dengan baik mengenai penilaian Higher Order Thinking Skills
(HOTS), terlihat dari pengetahuannya mengenai peraturan terkait penerapan penilaian
HOTS, karakteristik penilaian HOTS, dan langkah-langkah penyusunan soal HOTS. 2)
Persepsi guru UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto terbagi atas dua aspek sikap,
yaitu: (1) Sikap setuju guru terhadap penerapan penilaian HOTS (2) Sikap tidak setuju
guru terhadap penerapan penilaian HOTS.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anugrah Sukmawati, Hasnawi Haris, Mustari Mustari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

 

Web Analytics View My Stats