INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SETIAP MATA PELAJARAN DI TINGKAT SMPN (Studi pada Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba)

Sukri Badaruddin(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v14i2.13146

Abstract


Bahwa pendidikan karakter sangat strategis dan utama dalam sistem
pendidikan nasional sebagai usaha membina karakter para peserta didik yang berbasis
nilai-nilai dasar negara pancasila dana nilai-nilai kebangsaan Indonesia, termasuk di
dalamnya tercakup nilai-nilai kearifan lokal serta nilai-nilai alkulturasi yang berkembang
dan yang mendukung pembinaan karakter peserta didik khususnya pada tingkat SMPN.
Hal tersebut harus menjadi perhatian utama bagi para guru pemangku mata pelajaran yang
mengintegrasikan materi pendidikan karakter, sehingga dalam penyusunan konsep materi
ajar berisi nilai pendidikan karakter yang relevan dan sesuai dengan mata pelajaran.
Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimana kondisi pengembangan
materi ajar pendidikan karakter oleh para guru SMPN di kabupaten Bulukumba?; (2)
bagaimana tingkat kemampuan guru dalam pengembangan materi ajar, pemilihan
sumber, strategi, model dan evaluasi yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan
karakter? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kondisi pengembangan
materi ajar pendidikan karakter oleh para guru SMPN; (ii) untuk mendapatkan data dan
informasi tentang kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar, pemilihan
sumber bahan ajar, strategi, model dan evaluasi pembelajaran pendidikan karakter pada
tingkat SMPN. Penelitian Ini menggunakan pendekatan/metode deskriptif kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data, observasi, koesioner, wawancara dan fokus group
discusssion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan para guru MP yang
menintegrasikan materi pend. karakter cukup memadai, dan mampu meramu bahan ajar
dari bahan literasi dan nilai-nilai kearifan lokal setempat; (2) tingkat kemampuan MP
dalam mengintegrasikan materi ajar pend. karakter tergolong tinggi dan secara teknis
oprasional implementasi pembelajaran pend. karakter para guru MP masih menemui
kesulitan terutama dalam merumuskan spesifikasi subtansi perumusan desain
pembelajaran materi ajar pend. karakter pada tingkat SMPN.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sukri Badaruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

 

Web Analytics View My Stats