URGENSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

Maryati Maryati(1*),

(1) SMA Negeri 10 Makassar, Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v12i2.10036

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Sebab dengan pendidikan maka manusia mampu dibina dan dikembangkan menjadi individu yang utuh, warga masyarakat yang baik dan bermanfaat, individu yang sadar sebagai mahluk ciptaan Tuahn Yang Maha Esa yang mempunyai kepentingan dan ketergantungan terhadap penciptanya dan terhadap sesama manusia.Pemilihan model pembelajaran yang tepat diyakini dapat membangkitkan kreativitas murid yang pada gilirannya dapat membangkitkan hasil belajar murid.Oleh karena itu kejelian, kecermatan dan ketepatan guru dalam memilih, merencanakan, menggunakan model pembelajaran menjadi sangat penting dalam rangka efektifitas belajar, penyajian dan penyampaian materi pelajaran khususnya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA. Tulisan berikut mencoba mendeskripsikan pentingnya penerapan model pembelajaran koperatid tipe Jigsaw dalam membangkitkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Model, Pembelajaran, Koperatif, Jigsaw, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Artati, 2012, Urgensi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 41 Matekko Kabupaten Bulukumba, (Laporan Penelitian).

Boeree George. C. Dr. 2008. Metode Pembelajaran & Pengajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Model

Danim Sudarman. Dr.Prof. 2008. Model Komunikasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Hamalik oemar, 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara

Munadi Yudhi, 2008. Model Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru: Jakarta. Gaung Persada

Nursisto. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah,Cet I. Jakarta : Insan Cendekia.

Rahadi Aristo. 2003. Pemilihan Dan Pengembangan Model Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Sadiman, Arief S. dkk 1986. Model Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya : Jakarta. Pustekom dan CV. Rajawali

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003.Model Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003. Dasar-Dasar Didaktik

Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Bandung : Citra Umbara


Article Metrics

Abstract view : 586 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maryati Maryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats