KONSEP MATERI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SMPN DI KABUPATEN BULUKUMBA

Firman Muin(1*), Sangkala Ibsik(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v12i1.10031

Abstract


Bahwa pendidikan karakter sangat strategis dan utama dalam sistem pendidikan nasional sebagai usaha membina karakter para peserta didik yang berbasis nilai-nilai dasar negara pancasila dana nilai-nilai kebangsaan Indonesia, termasuk di dalamnya tercakup nilai-nilai kearifan lokal serta nilai-nilai alkulturasi yang berkembang dan yang mendukung pembinaan karakter peserta didik khususnya pada tingkat SMPN. Hal tersebut harus menjadi perhatian utama bagi para guru pemangku mata pelajaran yang mengintegrasikan materi pendidikan karakter, sehingga dalam penyusunan konsep materi ajar berisi nilai pendidikan karakter yang relevan dan sesuai dengan mata pelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimana kondisi pengembangan materi ajar pendidikan karakter oleh para guru SMPN di kabupaten Bulukumba; (2) bagaimana tingkat kemampuan guru dalam pengembangan materi ajar, pemilihan sumber, strategi, model dan evaluasi yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kondisi pengembangan materi ajar pendidikan karakter oleh para guru SMPN; (ii) untuk mendapatkan data dan informasi tentang kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar, pemilihan sumber bahan ajar, strategi, model dan evaluasi pembelajaran pendidikan karakter pada tingkat SMPN. Penelitian Ini menggunakan pendekatan/metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, koesioner, wawancara dan fokus group discusssion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) bahwa kemampuan para guru MP yang menintegrasikan materi pend. karakter cukup memadai, dan mampu meramu bahan ajar dari bahan literasi dan nilai-nilai kearifan lokal setempat; (2) tingkat kemampuan MP dalam mengintegrasikan materi ajar pend. karakter tergolong tinggi dan secara teknis oprasional implementasi pembelajaran pend. karakter para guru MP masih menemui kesulitan terutama dalam merumuskan spesifikasi subtansi perumusan desain pembelajaran materi ajar pend. karakter pada tingkat SMPN.

Keywords


Konsep, Materi, Karakter

Full Text:

PDF

References


Adam Kuper & Jessica Kuper, 2008. Alih bahasa Munandar Haris, dkk. Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Darmanto. JT & Sudakto, PH. 1986. Mencari Konsep Manusia Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. UUD 45, P-4, GBHN dan Kewaspadaan Nasional (Bahan Penataran). Jakarta : Dirjen Dikti

Dirjen Dikdasmen, 2005. Materi Latihan Terintegrasi Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Dirjen Dikti Bagian I

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters. Jakarta : Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remadja Karya.

Mustari, Muhammad. 2014. Nilai Karakter. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1975. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Prawiroatmodjo Dendosurono. dkk, 1984. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Suatu Pengantar. Jakarta : IKIP Jakarta

Saleh, Muwafik AKH. 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta : Erlangga.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter (wawasan, strategi dan langkah-langkah praktis). Jakarta : Erlangga.

Sudjana, Nana. 1989. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta

Soemarno Soedarmono, 2004. Character Bulding-Membentuk Karakter. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, Cetakan Ke-3

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter (Landasan Pilar dan Implementasi) Jakarta : Prenadamedia Grup

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana

Undang – undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Permendikbud, nomor 21 tahun 2005

Permendikbud, nomor 22 tahun 2005

http://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/ diakses pada tanggal 19 Februari 2017.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Firman Muin, Sangkala Ibsik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats