PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SINJAI UTARA

Andi Nurin Nur(1*), Chmasiah Ishak(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.8990

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai sudah berjalan sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013 yaitu Pembelajaran yang dilakukan guru, Mengembangkan sikap spiritual dan sosial, Pengalaman belajar langsung peserta didik, Memberikan pengalaman belajar terencana, Memberi waktu yang cukup, Kompetensi inti kelas dan kompetensi dasar. 2) Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sosiologi sebagai peran yang dijalankan dengan baik yaitu sebagai Perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, evaluator, konselor, mengembangkan kurikulum pada pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi serta Peran yang tidak dijalankan dengan baik yaitu pelaksanaan kurikulum. 3) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu Kesesuaian kompetensi PTK dengan kurikulum 2013 dan buku sesuai rekomendasi dari pemerintah, Peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan dan Tersedianya Anggaran. Adapun Faktor Penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu Kurangnya fasilitas dan Pengetahuan Guru masih kurang dalam pemakaian IT

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.