Strategi Nafkah Berkelanjutan Petani Rumput Laut Birangloe Kabupaten Jeneponto

Syahrul Syahrir Warham(1*), Najamuddin Najamuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61233

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) kondisi sosial ekonomi masyarakat Birangloe dalam budidaya rumput laut, 2) strategi penghidupan berkelanjutan petani rumput laut Birangloe pada musim hujan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah responden sebanyak 10 orang petani rumput laut Birangloe yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) kondisi sosial ekonomi masyarakat Birangloe dalam budidaya rumput laut adalah: peningkatan pendidikan keluarga, peningkatan kualitas kesehatan dengan menggunakan jasa pemerintah, penurunan harga rumput laut yang menyebabkan menurunnya pendapatan petani. pendapatan dimana pekerjaan masyarakat Birangloe adalah sebagai petani rumput laut dan nelayan, 2) strategi penghidupan berkelanjutan petani rumput laut Birangloe pada musim penghujan adalah dengan menggunakan strategi pola ganda dengan mempunyai pekerjaan sampingan dan strategi pola migrasi dengan mempunyai pekerjaan sampingan ketika pendapatan menurun pada masa paceklik dan juga melakukan pengelolaan keuangan dalam keluarga.


Keywords


Kondisi sosial ekonomi; strategi pola ganda; migrasi

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Abubakar, H. R. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Alif, M., & Yulianti, M. (2022). Interaksi Simbolik Keluarga Petani Penggarap Berdasarkan Gender Anak di Lingkungan Rawa Pasang Surut Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(1), 33–44.

Amraeni, Y., & Nirwan, M. (2021). Sosial Budaya Kesehatan Dan Lingkungan Masyarakat Pesisir Dan Tambang. Penerbit NEM.

Chambers, R., Conway, G., & Studies, B. I. of D. (1992). Sustainable rural livelihoods: practical concepts for the 21st century (Vol. 296). Institute of development studies Brighton.

Fatimah Azzahra, F. A. (2024). Analisis Pendapatan dan Kompetensi Petani Rumput Laut di Kabupaten Bantaeng (Studi Kasus Petani Rumput Laut di Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng). Universitas Muslim Indonesia.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Hayat, N., & Hardiansyah, M. A. (2023). Strategi Nafkah Ganda Masyarakat Pesisir Di Desa Pulo Panjang. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 844–856.

Kusmawati, K., Latif, A., & Anjarsari, H. (2023). BOOK-Digitalisasi Destinasi Wisata Bahari Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi-Selatan (dalam pengajuan ISBN). POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR.

Najamuddin, N. (2015). Persaingan Elit Bangsawan dengan Kelompok Terdidik pada Masa Revolusi di Sulawesi Selatan. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(1).

Nuha, M. R., Putri, T. A., & Utami, A. D. (2023). Pendapatan Usahatani Cabai Merah Berdasarkan Musim di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 28(2), 323–334.

Rachman, A., Awaru, A. O. T., & Anrical, A. (2022). Interaksi Sosial Dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar). Phinisi Integration Review, 5(1), 1–14.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.

Satriyati, E., & Biroli, A. (2021). Kembali ke Rempah: Upaya Rumah Tangga Petani di Bangkalan Guna Peningkatan Kesehatan dan Penanggulangan Kemiskinan selama Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan (Vol. 1).

Sulaeman, A. (2023). PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DALAM KAJIAN PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DALAM KAJIAN HUKUM PIDANA DI INDONESIA. UNIVERSITAS PASUNDAN.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.