Sibaliparriq Dalam Mendidik Anak Pada Keluarga Mandar di Desa Banua Baru Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar

Nurul Musfira(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61068

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perspektif ayah dan ibu terhadap pentingnya penerapan sibaliparriq dalam mendidik  anak pada keluarga mandar di Desa Banua Baru 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sibaliparriq dalam mendidik anak pada keluarga mandar di Desa Banua Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan : 1) suami atau istri yang telah menikah sah secara hukum, 2) suami atau istri memiliki pekerjaan, 3) memiliki anak rentan usia 1-25 tahun yang tinggal bersama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik Member check. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perspektif ayah dan ibu terhadap pentingnya penerapan sibaliparriq dalam mendidik anak pada keluarga mandar di Desa Banua Baru yakni sibaliparriq dibutuhkan dalam mendidik anak terutama budi pekertinya yakni bertutur kata yang baik (loa macoa) serta bersikap dan bertindak yang mulia (kedo mala’bi), sibaliparriq dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan anak, sibaliparriq merupakan upaya menjaga pergaulan anak, dan sibaliparriq dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan dalam rumah tangga. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sibaliparriq dalam mendidik anak pada keluarga mandar di Desa Banua Baru meliputi komunikasi, waktu bersama, dan faktor ekonomi


Keywords


Sibaliparriq; Mendidik anak; Keluarga Mandar

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. F. (2016). Pentingnya Kerjasama Orang tua untuk Membentuk Karakter Anak Di Dalam Keluarga. Prosiding Seminas Nasional Psikologi Indigenous Indonesia “Kebinekaan Dan Masa Depan Indonesia: Peran Ilmu Sosial Dalam Masyarakat,” 270–277.

Arafah, S. (2022). Perempuan Dan Kontribusi Ekonomi Keluarga Dalam Perspektif Islam: Sebuah Praktik. Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 8(1), 189–206.

Budiarti, M. (2016). Proses Sosialisasi dan Pengasuhan Anak di Dalam Keluarga. Jurnal LPPM, 4(2), 115–121.

Hasibuan, Y. (2021). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Menunjang Pendidikan Anak di Desa Olora. Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Keagamaan, 4(1), 48–61.

Jusuf, M. (2016). Dinamika Budaya Sibaliparriq Pada Masyarakat Mandar. UIN Alauddin Makassar.

Masyita. (2016). Pandangan Al-Qur’an Tentang Konsep Sibaliparriq Di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. UIN Alauddin Makassar.

Murdiyanto, E. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF : (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal) (Edisi pert). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran”.

Nasriah. (2016). Konsep Sibaliparriq dalam Persfektif Ekonomi Islam di Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian di Desa Katumbangan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ramlan, M. (2017). Konsep Sibaliparriq Masyarakat Nelayan Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Keluarga Nelayan di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Sawitri, O. E., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). Sosialisasi Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak (Studi Pada Keluarga Rumah Tangga Guru MA Islamiyah). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 10–21.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi : Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori Aplikasi dan Pemecahannya). Jakarta: Prenamedia Group.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta (15th ed.). Bandung.

Suriana. (2018). Budaya Sibaliparriq Di Desa Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Studi Tentang Peranan Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Keluarga). UIN Alauddin Makassar.

Syasmitha, N. (2019). Sibaliparriq Dalam Kajian Gender Pada Masyarakat Mandar Di Kelurahan Banggae. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1–23.

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.451

Widyanti, Y. E., & Jatiningsih, O. (2022). Peran Orang Tua dalam Mencegah Pergaulan Bebas Anaknya Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 32–48. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p32-48


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.