SISTEM PINGGAWA-SAWI PADA MASYARAKAT NELAYAN PATORANI DI DESA KAMPUNG BERU, KECAMATAN GALESONG, KABUPATEN TAKALAR

Muh. Nurikhsan(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61067

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Sistem Pinggawa-Sawi pada masyarakat nelayan Patorani di Desa Kampung Beru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar dan 2) Faktor yang menyebabkan terjadinya sistem Pinggawa-Sawi pada masyarakat nelayan Patorani di Desa Kampung Beru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 (dua) Pinggawa dan 5 (lima) Sawi pada masyarakat nelayan Patorani yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu : 1) menjadi Pinggawa Maupun Sawi, 2) berprofesi sebagai nelayan Patorani. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bagaimana Sistem Pinggawa-Sawi pada masyarakat nelayan Patorani di Desa Kampung Beru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, yaitu a) Pembagian kerja antara Pinggawa dan Sawi pada masyarakat nelayan Patorani terhitung sama tetapi ada jobdesk tersendiri atau tugas pokok antara pinggawa-Sawi dalam melakukan pekerjaan yang dijalaninya , b) Pembagian Hasil yaitu, sistem pembagian Hasil antara Pinggawa-Sawi secara aturan pembagian hasil nelayan Patorani 3 (tiga) banding 1 (satu) dimana Pinggawa  mendapatkan 3 (tiga) bagian dan Sawi mendapatkan 1 (satu) bagian. Disisi lain, Sawi yang mempunyai tugas bagian mesin (Bass) mendapatkan bagian 1,5 bagian, 2) Faktor yang menyebabkan terjadinya sistem Pinggawa-Sawi pada masyarakat nelayan Patorani di Desa Kampung Beru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar yaitu a) Keluarga, b) Ekonomi, c) Pendidikan. Dari ketiga faktor tersebut, faktor keluarga memnjadi faktor penyebab yang mendominasi terciptanya sistem Pinggawa-Sawi pada masyarakat nelayan Patorani.


Keywords


Pinggawa; Sawi; Nelayan Patorani

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A., & Sukmayadi, T. (2022). Nilai Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Laut Dalam Meningkatkan Semangat Gotong Royong Masyarakat Pesisir Pantai Pelabuhan Ratu: Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 33–46.

Alwan, M. L. (2020). Pola Hubungan Patron-Klien Pada Usaha Perikanan Tangkap Di Pelabuhan Pasuruan Kota Pasuruan Jawa Timur. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Basri, N. A., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). Perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik perkotaan lapangan pemuda Bulukumba.

Dina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi SPLDV Kelas VIII. IAIN Purwokerto.

Effendy, E., Siregar, E. A., Fitri, P. C., & Damanik, I. A. S. (2023). Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4343–4349.

Fadila, N. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Realisasi Anggaran Pada Posyandu Anggrek 2 Ciumbuleuit Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Universitas Komputer Indonesia.

Hadrawi, M. (n.d.). Integrasi Melayu Di Sulawesi Selatan: Kajian Berdasarkan Lontara.

Hidayat, N. (2022). Stratifikasi Sosial dalam Hubungan Kerja Masyarakat Nelayan di Kelurahan Lonrae Kabupaten Bone. Universitas Hasanuddin.

Hukubun, R. D., Berlianti, L. S., Alfikar, M. F., & Tuapetel, F. (2023). Sosialisasi Teknik Penangkapan Ikan dan Alternatif Pemanfaatan Telur Ikan Terbang Pada Musim Timur. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 10–17.

Idhamanck, H. (2023). ANALISIS MODAL SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN UNTUK PEMBERDAYAAN KOMUNITAS NELAYAN DI DESA SAMPULUNGAN KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR. Universitas Hasanuddin.

Imaniar, A., & Brata, N. T. (2020). Relasi Patron-Klien di antara Tengkulak dan Petani Salak dengan Dampak Sosialnya di Banjarnegara.

Kusmawati, K., Latif, A., & Anjarsari, H. (2023). BOOK-Digitalisasi Destinasi Wisata Bahari Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi-Selatan (dalam pengajuan ISBN). POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR.

Manda, D., Tenri Awaru, A. O., Nur, H., & Darmayanti, R. R. (2021). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Pesisir Dalam Upaya Menekan Jumlah Angka Stunting Pada Anak. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3326–3337.

MUQARRAMAH, K. (2021). INTERAKSI SOSIAL KELOMPOK NELAYAN PATORANI (Studi Kasus Desa Pa’lalakkang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar). Universitas Hasanuddin.

Murdiyanto, E. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF : (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal) (Edisi pert). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran”.

Parinsi, M. T., Mewengkang, A., & Rantung, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 227–240.

Syamsidah, S., & Amir Muhiddin, A. M. (2022). Pembantu Rumah Tangga Suatu Kajian Sosiologis. Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.