ANALISIS TINGKAT KOGNITF SISWA DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI UPT SMAN 1 SOPPENG

Masniati Masniati(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61066

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi selama full day school di UPT SMAN 1 Soppeng, 2) Faktor pendorong pembelajaran kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi selama full day school di UPT SMAN 1 Soppeng. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penlitian ini sebanyak 15 orang (3 guru dan 12 siswa) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru dan siswa yaitu : 1) guru yang mengajar di jurusan ilmu sosial pada mata pelajran sosiologi di UPT SMAN 1Soppeng, 2) siswa yang diajar oleh guru dengan yang memiliki peringkat pertama, kedua dan ketiga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi selama full day school di UPT SMAN 1 Soppeng, yaitu: a) Analisis kognitif peringkat pertama (M1) yaitu: C1 adalah cukup, C2 adalah cukup, C3 adalah baik, C4 adalah baik, C5 sangat kurang dan C6 adalah sangat kurang, b) Analisis kognitif peringkat kedua (M2) yaitu: C1 adalah cukup, C2 adalah cukup, C3 adalah baik, C4 adalah cukup, C5 adalah cukup dan C6 adalah sangat kurang, dan c) Analisis kognitif peringkat ketiga (M3) yaitu: C1 adalah cukup, C2 adalah cukup, C3 adalah baik, C4 adalah cukup, C5 adalah baik dan C6 adalah sangat kurang. 2) Faktor pendorong pembelajaran kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi selama full day school di UPT SMAN 1 Soppeng yaitu: a) Adanya peran guru memberikan pembelajaran yang efektif, dan b) Bahan ajar yang mudah didapatkan. 


Keywords


Tingkat Kognitif; Full day school

Full Text:

PDF

References


Anastasia, R., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 di SDN Brawijaya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 528–534.

Arifin, Z., Muthmainnah, S., & Nurhilaliyah, N. (2020). Sekolah Berasrama (Boarding School) dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Kabupaten Jeneponto. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Asmuni, M. P. (2024). MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL PADA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Uwais Inspirasi Indonesia.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124.

Febrizalti, T., & Saridewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840–1848.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.

Humairah, H., & Awaru, A. O. T. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS Di Madrasah Alyiah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 61–64.

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Kudadiri, S. (2021). Kebijakan Pengembangan Program Pendidikan Melalui Program Pembelajaran Full Day School Di SMP IT Nurul Ilmi Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6, 1–14.

Lestari, E. A., Abadi, S., & Nawawi, S. (2020). Analisis Aktivitas Belajar dan Level Kognitif Siswa pada Materi Bakteri Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 22–34.

Lestari, T., Helendra, H., & Ristiono, R. (2020). Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Aktif Giving Question and Getting Answer Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Di Smpn 27 Padang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 137–144.

Meinarno, E. A., Widianto, B., & Halida, R. (2024). Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat: Pendekatan Antropologi dan Sosiologi. Penerbit Salemba.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya bagi pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47.

Nurwahidah, I., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5646–5655.

Nurwindah, N., & Torro, S. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menciptakan Sekolah yang Menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi, 7(2), 39–46.

Perbowosari, H., Hadion Wijoyo, S. E., Sh, S., MH, M. M., & Setyaningsih, S. A. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.

Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola Abcd-Abcd. Jurnal Buah Hati, 9(1), 1–9.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.

Rohmah, F. N., & Chotimah, C. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Darussalam Tanjunganom Nganjuk. ISLAMIKA, 6(1), 150–164.

Sari, A. P. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Materi Pembulatan Di Sdn Malangnengah Ii. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 75–82.

Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. UKI Press.

Yanti, L. A. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa Raudhotul Athfal Al-Washliyah Sumber Cirebon. S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.