Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61065
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Tompobulu, dan 2) Persepsi siswa terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Tompobulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang dengan tehnik purposive sampling dengan kriteria siswa yaitu: 1) siswa yang telah menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Tompobulu, 2) siswa yang tergolong aktif dalam kelas. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Tompobulu melalui beberapa tahapan yaitu dilakukan sosialisasi pelaksanaan kurikulum merdeka, Kesiapan pelaksanaan kurikulum merdeka, Pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), kemudian melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka. 2) Persepsi Siswa terhadap Kurikulum Merdeka yaitu menumbuhkan motivasi siswa, Menyenangkan serta membuat siswa merasa tidak bosan, dan meningkatkankemampuan siswa dalam belajar.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 19 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.