Strategi Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19 Pada SMA Negeri 2 Sinjai

Ikhsan Ikhsan(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.61064

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Stratgi guru dalam penerapan pembelajaran e-learning di tengah pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Sinjai, dan 2) Kendala guru dalam penerapan pembelajaran e-learning. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang aktif mengajar, dan guru yang telah mengajar lebih dari 5 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data      menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi guru dalam penerapan         pembelajara e-learning di tengah pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Sinjai yaitu: (a) pengetahuan guru dalam penggunaan sistem e-learning, (b) menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), (c) penggunaan media, dan (d) evaluasi pembelajaran. 2) Kendala guru dalam penerapa pembelajaran e-learning yaitu: (a) koneksi jaringan, (b) efektivitas pembelajaran, dan (c) faktor ekonomi.


Keywords


Strategi guru; pembelajaran e-learning; kendala

Full Text:

PDF

References


Aminin, T., Setyadi, D., & Ricahyono, S. (2022). Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Margomulyo 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 18–23.

Ayu, D. (2021). Kajian Implementasi E-Learning Berbasis Aplikasi Whatsapp Terhadap Keefektivan Dan Efisiensi Belajar Peserta Didik Dampak Wabah Covid-19 Ranah Sd/Mi. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Bahruddin, A. H., & Mujiono, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Madrasah Aliah Negeri Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 937–956.

Devi, L. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Mtsnegeri 1 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Kemala, F. I. (2021). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Subjektif Tes Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno.

Khairany, I., Chairunnisa, M., & Arifin, M. (2024). Peran Strategi Pembelajaran dan Implementasinya Pada Era Digital. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 8–14.

Kurniati, D., Nopiyanti, N., & Arifa, Z. (2021). Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab. Lahjah Arabiyah, 2(2), 133–140.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya.

Nafi’ah, J. (2021). Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended Learning di Era New Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 23–36.

Nurlaeli, A. (2020). Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam pada madrasah dalam menghadapi era milenial. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(01).

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan e-learning sebagai inovasi media pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199–220.

Sa’adillah, A. E. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PONOROGO SEMESTER GASAL 2O21/2022. IAIN Ponorogo.

Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Lembar kegiatan siswa untuk pembelajaran jarak jauh berdasarkan literasi saintifik pada topik penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). EdArXiv. DOI: Https://Doi. Org/10.35542/Osf. Io/H4632.

Silmi, T. A. (2021). Efektivitas penggunaan Aplikasi Media Streaming youtube dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran PAI di Kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning madrasah terhadap optimalisasi pemahaman Matematika siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136.

Wikaningtyas, R. (2021). Pemanfaatan Smart Room Literasi Berbasis Internet sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 13(01), 69–81.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.