Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Kelas XII di UPT SMA Negeri 1 Jeneponto

Alisa Anggreni(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.55401

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik peserta didik kelas XII di UPT SMA Negeri 1 Jeneponto. 2) Upaya sekolah terhadap penurunan prestasi akademik peserta didik kelas XII di UPT SMA Negeri 1 Jeneponto akibat kegiatan ekstrakurikuler. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih dari 1 tahun dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih dari 2 kegiatan . Jumlah informan sebanyak 17 orang yang terdiri dari 11 peserta didik dan 6 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik peserta didik kelas XII di UPT SMA Negeri 1 Jeneponto menunjukkan bahwa peserta didik yang aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung mengalami penurunan prestasi akademik dibandingkan dengan mereka yang tidak terlibat secara aktif. 2) Upaya sekolah terhadap penurunan prestasi akademik peserta didik kelas XII di UPT SMA Negeri 1 Jeneponto adalah pemantauan partisipasi serta kehadiran peserta didik di dalam kelas selama proses belajar mengajar, penentuan waktu kegiatan ekstrakurikuler yang tidak menganggu proses belajar mengajar, dan mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. 


Keywords


Ekstrakurikuler; Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Aprilia, A. (n.d.). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Self-Efficacy Siswa Cerdas Istimewa di SMAN 78 Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Awaru, A. O. T., & Ahmad, M. R. S. (2023). Eksplorasi Karakteristik Kekerasan Seksual pada Perempuan di Perguruan Tinggi Negeri Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).

Bahri, S. (2020). Hubungan Karakter Psikologis Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Empirik Kuantitatif Pada Peserta Didik Paket B PKBM Mandiri An-Nuur Depok Jawa Barat). Institut PTIQ Jakarta.

Dasopang, M. D., & Lubis, A. H. (2021). Perempuan-Perempuan Tangguh Penjaga Nilai-Nilai Keislaman Anak: Studi Daerah Minoritas Muslim. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 83–94.

Mawaddah, F., Daulay, N. K., & Fauza, H. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MTS Negeri 3 Medan. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 97–114.

Mufasirah, R. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik Peserta Didik SMA Negeri 8 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Muthmainnah, N., & Arifin, Z. (n.d.). Hubungan Kebiasaan Belajar Mandiri Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Selayar. Ojs. Unm. Ac. Id.

Nasriah, N., Saputra, H., Nurdin, N., Suardi, S., & Abdul, N. B. (2023). Sosialisasi Nilai-Nilai Sosial di Kalangan Anggota Beladiri Kempo di SMK Negeri 2 Barru. JOURNAL SOCIUS EDUCATION, 1(1), 129–144.

Nengsi, S. W., & Ishak, C. (n.d.). DAMPAK EKSTRAKURIKULER KARATE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMA NEGERI 1 WATANSOPPENG.

Noviana, M., Maftuh, B., & Wilodati, W. (n.d.). FRIENDLY FEELING SEBAGAI MODAL SOSIAL SISWA DALAM WARGA SEKOLAH MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 380–391.

Rokhmaniyah, M. P., Suryandari, K. C., Fatimah, S., & Mahmudah, U. (2022). Anak Putus Sekolah, Dampak, dan Strategi Mengatasisnya. CV Pajang Putra Wijaya.

ROSARI, P. R. (2019). Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDN Kepatihan 3 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288.

Sujanto, B. (2021). Pengelolaan Sekolah: Permasalahan dan Solusi. Bumi Aksara.

Tenri Awaru, A. O. (2021). Sosiologi Keluarga. PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Wulandari, M. D. (2021). Pengelolaan pembelajaran berorientasi literasi numerasi di Sekolah Dasar dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 116–131.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.