Kepemimpinan Kepala Lembang Pemanukan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja

Agnesia Agnesia(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.55381

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gaya kepemimpinan Kepala Lembang Pemanukan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja,  2) strategi yang dilakukan oleh kepala lembang Pemanukan sehingga terpilih selama dua periode. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penetapan informan yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 16 orang. Penelitian ini menetapkan kriteria informan yaitu 1)Anggota masyarakat lembang Pemanukan yang menjabat sebagai kepala lembang Pemanukan, 2) Anggota masyarakat lembang Pemanukan yang merupakan staf di kantor lembang Pemanukan, dan 3) Masyarakat dalam lingkup pemerintahan lembang Pemanukan yang bersedia dan memiliki waktu yang memadai untuk diminta informasi. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan interview atau wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) gaya kepemimpinan Kepala Lembang Pemanukan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja sebagai bentuk perwujudan dari kontrol sosial dalam masyarakat dengan menggunakan indikator penilaian yaitu pengambilan keputusan, komunikasi, motivasi, pengarahan, dan tanggung jawab menunjukkan bahwa kepala lembang Pemanukan memiliki gaya kepemimpinan yang situasional. 2) Strategi yang dilakukan oleh kepala lembang pemanukan sehingga terpilih selama dua periode adalah dengan pemanfaatan modal sosial yang diupayakan melalui membangun kepercayaan masyarakat, pemanfaatan jaringan atau relasi (Network) yang dimiliki, dan norma sosial sebagai pedoman dalam membangun hubungan sosial yang baik dengan masyarakat.


Keywords


Gaya Kepemimpinan; Strategi Pemenangan; Lembang Pemanukan.

Full Text:

PDF

References


Andika, Wayan Ardi, Bambang Utoyo S, and Eko Budi Sulistio. 2021. “Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Untuk Pembangunan Desa (Studi Gedung Wani Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur).” Administrativa Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik 3(2): 213–29.

Dahlan, Chozin. 2016. “One Two Leadership.” Publiciana 9(1): 122–39.

Darc, Jeane, and Manik. 2013. “Kekuasaan Dan Kepemimpinan Sebagai Proses Sosial Dalam Bermasyarakat.” Garuda 1(1): 64–74.

Destriapani, Elsa, Sarwititi Sarwoprasodjo, and Dwi Sadono. 2021. “Pemanfaatan Website Desa Untuk Pembangunan : Perspektif Actor-Network Theory.” Sodality :urnal Sosiologi Pedesaan 09(03): 1–10.

Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Ilmu Kepemimpinan. Depok: Rajawali Pers.

Hasnawati, Muchtar Sapiri, and Muchlis Ruslan. 2020. Gaya Kepemimpinan Dan Peningkatan Kinerja. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.

Hifza, Muhamad Suhardi, Aslan, and Silvia Ekasari. 2019. “Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Interdisipliner.” Jurnal ManajemenPendidikan Islam 5(1): 46–61.

Indraddin, and Irwan. 2016. Strategi Dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Jahari, Jaja, and A. Rusdiana. 2020. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Darul Hikam.

Karno. 2019. “Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kota Depok.” Jurnal Pengembangan Wiraswasta 21(02): 151–57.

Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kwirinus, Dismas et al. 2023. “Model Kepemimpinan Situasional Dan Transformasional Kepala Sekolah SMAK Yos Sudarso Batu.” Equilibrium : Jurnal Pendidikan XI(1): 59–69.

Lahada, Galip. 2018. “Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Dan Kemasyarakatan Di Desa Malei Lage Kabupaten Poso.” Jurnal Ilmiah Administratie 11(1): 1–10.

Miles, Mathew B., A Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebok (Edition 3). USE: Sage Publication. Terjemahan Tjepjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Prasetyo, Donny, and Irwansyah. 2020. “MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA Donny.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan iImu Sosial 1(2): 506–15. https://dinastirev.org/JMPIS.

Sinaga, Raymond Pangihut Hasoloan, Muradi, and Leo Agustino. 2020. “Strategi Pemenangan Marten Billa Melalui Pemanfaatan Modal Sosial Pada Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Di Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2019 ( Studi : Kabupaten Malinau ).” Jurnal Moderat 6(3): 444–57.

Siswanti, Yuni. 2015. Kepemimpinan Manajerial Yang SMART Dengan Pendekatan Riset Empiris.

Subadi, Tjipto. 2008. Sosiologi. Surakarta: FKIP UMS.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tristina, Dian Narulita, and Suwignyo Widagdo. 2019. Kepemimpinan & Kinerja. Jember: WADE Group.

Usman, Husain. 2020. Kepemimpinan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. 2018. KEPEMIMPINAN Pemahaman Dasar, Pandangan Konvensional, Gagasan Kontenporer. Depok: Rajawali Pers.

Wulandari, Indria. 2017. “Representasi Jaringan Dalam Novel Nadira Karya Leila S. Chudori (Kajian Teori Jaringan-Aktor Michel Callon).” Bapala 5(2): 1–10.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.