Analisis Makna Simbolik “Panganten” Masyarakat Dayak Kanayatn Di Desa Sekabuk Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah

Pelagia Bapoaka(1*), Yohanes Bahari(2), Iwan Ramadhan(3),

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.54197

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Simbolik “Panganten” Masyarakat Dayak Kanayatn di Desa Sekabuk Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah. Peneliti mengunakan metode kualitatif deskriptif. Tekhnik penggumpulan data Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Data ini di sajikan secara deskriptif dengan menggunakan 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gawe Panganten masyarakat Dayak kanayatn di desa Sekabuk melalui beberapa tahap yang di awali dengan picara, ngikat kata, hingga pelaksanaan gawe panganten dan di tutup dengan ngaramak saput. Dimana masing-masing memiliki makna simbolik yang menunjukkan kekhasan tersendiri pada setiap pelaksanaannya.


Full Text:

PDF

References


Atabik, A., & Mudhiiah, K. (2016). Pernikahan dan Hikmahnya Perspektif Hukum Islam. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 5(2).

Habibi, R. K., & Kusdarini, E. (2020). Kearifan lokal masyarakat dalam melestarikan tradisi pernikahan pepadun di Lampung Utara. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 60–69.

Imran, I., Daniel, D., Ramadhan, I., & Sikwan, A. (2023). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Pada Homoseksual Gay di Kecamatan Pontianak Tenggara. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 8(1).

Novialayu, E. (2020). Pelaksanaan Perkawinan Menurut Adat Dayak Ngaju Di Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas. Jurnal Paris Langkis, 1(1), 1–14.

Ruslan, I., Kartika, Y., Fatonah, F., & Huzaimah, S. (2021). Tradisi Ritual dalam Pernikahan Islam Jawa (Studi di Desa Kalidadi Lampung Tengah). Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 1–16.

Sirait, D. I., & Rokan, M. K. (2023). Konsep Kafa’ah Pernikahan Dikalangan Komunitas Said/Syarifah (Studi Komunitas Said/Syarifah Di Kota Medan, Sumatera Utara). AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(2), 1215–1220.

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.