Dramaturgi Mahasiswa Sosiologi Melalui Aplikasi TikTok

Sopian Tamrin(1*), Idham Irwansyah Idrus(2), Arisnawawi Arisnawawi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UNiversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.52005

Abstract


Media sosial berperan sebagai platform untuk memamerkan eksistensi diri dalam masyarakat. Salah satu platform populer saat ini di Indonesia adalah TikTok. Tiktok sangat diminati khususnya kalangan muda yang gemar mengekspresikan diri di media social. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati fenomena dramaturgi dalam konteks tujuh mahasiswa Program Studi Sosiologi di UNM melalui penggunaan aplikasi TikTok. Dramaturgi mengemukakan tentang perbedaan antara panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Sebagaimana Goffman, Peneliti memisahkan dua arena sosial sebagai setting yakni; front personal dalam panggung depan, dan dunia keseharian sebagai panggung belakang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi untuk menggambarkan dunia kehidupan (life world) melalui pengalaman keseharian di dunia layar. Peneliti observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data baik pada kegiatan media sosialnya sebagai panggung depan dan kesehariannya sebagai panggung belakang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketujuh mahasiswa melakukan impresif manajemen dalam memainkan panggung depan melalui media social tiktok. Impresif manajemen menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam mengatur apa yang harus ditampilkan pada panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Ketujuh mahasiswa tersebut lebih ekspresif dipanggung depan melalui postingan di banding aktivitas langsung di lingkungan nyatanya.


Keywords


Media Sosial, Mahasiswa, Dramaturgi, Tiktok

Full Text:

PDF

References


APJII. (2022). Survei Penetrasi dan Perilaku Penggunaan Internet. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet- Indonesia-2022

Edgley, C. (Ed. . (2016). The drama of social life: A dramaturgical handbook. Routledge.

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. Doubleday.

Gronbeck, B. E. (1980). Dramaturgical theory and criticism: The state of the art (or science?). Western Journal of Speech Communication, 44(4), 315–330.

Junita, A. (2017). Membongkar Hasrat Mapala melalui Representasi dalam Media Sosial. Universitas Gadjah Mada.

Lipton, D. (2015). Digital Sociology. Routledge.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Picone, I. (2015). Impression Management In Social Media. He International Encyclopedia of Digital Communication and Society, 36, 469–476.

Putri, E. (2016). Foto diri, representasi identitas dan masyarakat tontonan di media sosial Instagram. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3(1), 80–97.

Rahardjo, M. (2010). Panggung Depan, Belakang, dan Luar. UIN.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar.

Rosariana, B. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial.” Kemenkeu. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html

Salsabila, H., & Tahlitha, R. (2016). Impression Management Mahasiswa dalam Media Sosial. UNIABA.

Szatkowski, J. (2019). A theory of dramaturgy. Routledge.

Tamrin, S., Idrus, I. I., Najamuddin, N., Amandaria, R., & Arisnawawi. (2022). Lifestyle Resistance of the Bajo Tribe in Fcing of Stigma. Proceedings of International Conference Sociology, 228–241.

Tashmin, N. (2016). Art Of Impression Management On Social Media. World Scientific News, 30, 89–92.

Turkle, S. (2011). Alone Together: Why We Expect More from Technology and Less from Each Other. Basic Books.

Twenge, J. M. (2017). iGen: Why today’s super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy--and completely unprepared for adulthood--and what that means for the rest of us. Simon and Schuster.

Urick, M. J. (2014). The presentation of self: Dramaturgical theory and generations in organizations. Journal of Intergenerational Relationships, 12(4), 398–412.

We Are Social. (2022). Another Year Of Bumper Growth. Wearesocial. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.