Hiperealitas Mahasiswa Pengguna Tiktok di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Vira Vira(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.51087

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana terciptanya hiperealitas mahasiswa pengguna tiktok di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. 2) Dampak hiperealitas mahasiswa pengguna tiktok di Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum yang menggunakan filter aplikasi tiktok dan mengalami hiperealitas tiktok. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terciptanya hiperealitas mahasiswa pengguna tiktok di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar yaitu: a) Awal mengenal tiktok yaitu di mana mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar mendapatkan informasi dari teman dan iklan yang muncul di handphone mereka, dan b) Hiperealitas pengguna tiktok yaitu sesuatu yang di balur dengan kepalsuan untuk menarik perhatian dari orang lain. 2) Dampak hiperalitas mahasiswa pengguna tiktok di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar yaitu: a) Dampak positif: 1) Mudah mendapatkan informasi, 2) Menambah relasi dan pertemanan, dan 3) Pengembangan Diri, b) Dampak negatif: 1) Adiktif (Penggunaan Tiktok), 2) Hilangnya percaya diri ketika tidak menggunakan filter aplikasi tiktok, dan 3) Berjarak dengan realitas sosial.


Keywords


Tiktok; Hiperealitas; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agis, D. P. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok dan Efeknya Terhadap perilaku keagamaan remaja islam di kelurahan waydadi baru kecamatan sukarame. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Devi, N. T., & Satwika, Y. W. (2022). Studi Fenomenologi: Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Remaja Akhir Shopee Affiliates. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6).

dwi Wijaya, M. H. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191.

Hidayat, M. A. (2021). Jean Baudrillard dan realitas budaya pascamodern. Cantrik Pustaka.

Illah, I. A. (2021). Analisis Hiperrealitas Pada Pemenuhan Kebutuhan Fashion Dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Iain Kediri Angkatan 2018). IAIN Kediri.

Jamaludin, U., Setiawan, S., Aprianti, D., Nuraini, F., & Anggraeni, D. W. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SEBAGAI BENTUK DIGITALISASI DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5309–5322.

Jumiati, J., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). KONTROL ORANGTUA PADA ANAK PENGGUNA MEDIA SOSIAL SISWA KELAS XII BAHASA DI SMA NEGERI 3 POLEWALI.

Kurniawan, R. A. (2022). TIKTOK SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi TikTok di Lingkungan Komunitas Mahasiswa Pengguna TikTok di Daerah Istimewa Yogyakarta. UPN’Veteran" Yogyakarta.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian. Deepublish.

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa di Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647.

Maharani, R. P., Rahmawati, U., & Sari, D. N. (2022). HIPERREALITAS PENGGUNA TIKTOK. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 1–11.

Maryam, M. (2022). Gambaran Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tiktok di Kota Lamongan. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi, 3(1), 33–48.

Nurhalizah Hd, S. (2022). Hiperrealitas Simulakra Pengguna Instagram Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare. IAIN Parepare.

Nurmala, M. D., vany Afrizal, S., & Wibowo, T. U. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 8(1).

Pertiwi, S. (2022). Konsumsi Media Sosial Tik Tok pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya. Jurnal Empirika, 6(2), 122–138.

Prasetya, N. M. (2020). Social Media Marketing (Pemasaran Melalui Media Sosial) Bidang Pariwisata di Kabupaten Indramayu.

Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(1), 100–109.

Salsabila, A., & Listyani, R. H. (2023). Identitas Diri Remaja Perempuan Perkotaan Di Media Sosial: Studi Pada Penampilan Mahasiswi Surabaya Di Tiktok. Paradigma, 12(3), 51–60.

Silvia, M. B. (2022). Fenomena Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Siswa SMPN 4 Langgam. Universitas Islam Riau.

Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Yudhistira, N. (2020). Social Climber Identity and Memory: Potret Diri Sebagai Objektivitas Hiperrealitas Kehidupan dan Degradasi Memori. POPULIKA, 8(1), 34–39.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.