Relasi Kuasa Pengetahuan dalam Proses Kaderisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Asnur Asnur(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.51085

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi kuasa pengetahuan dalam proses kaderisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar dan 2) Faktor yang melatar belakangi terjadinya proses kaderisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitattif dan jenis penelitian menggunakan studi kekuasaan Michel Foucault. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang bersedia diwawancarai yang ditentukan melalui purposive sampling dengan kriteria informan ialah fungsionaris lembaga kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan ketua lembaga kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi kuasa dan pengetahuan yang diterapkan dalam proses kaderisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, yaitu: a. Penyampaian dan konsep, b. Tahapan latihan dasar kepemimpinan, jenjang sekolah advokasi dan tingkatan latihan kepemimpinan II c. Batasan keterlibatan berdasarkan jenjang kaderisasi dan Keseragaman atribut kelompok mahasiswa baru d. Pengawasan menggunakan tata tertip kaderisasi atas kontrol Stering comitte, pengurus dan norma hukum bagi yang telah melewati proses kaderisasi. 2) Yang melatar belakangi terjadinya proses kaderisasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, diantaranya: a. Adanya norma hukum ( AD/ART), b. Adanya faktor keberlanjutan struktur kepengurusan, dan c. Faktor kewajiban kader dan tanggung jawab fungsionaris lembaga kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar.

Keywords


relasi; kuasa pengetahuan; proses kaderisasi

Full Text:

PDF

References


Alwi, A. (2022). Kaderisasi da’iyah Nahdlatul Wathan: studi pada Ma’had Darul Qur’an Walhadist NW Anjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. UIN Mataram.

Apriliyadi, E. K., & Hendrix, T. (2021). Kajian fenomena pandemi Covid-19 di Indonesia: Perspektif wacana, pengetahuan dan kekuasaan Foucault. Sorot: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16, 99–117.

Aripudin, A., & Tajiri, H. (n.d.). Cikalama dari sistem waris ke wakaf.

Arrobi, M. Z. (2020). Islamisme ala Kaum Muda Kampus: Dinamika Aktivisme Mahasiswa Islam di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia di Era Pasca Soeharto. UGM PRESS.

BETASARI, K. (n.d.). Relasi disiplin tubuh Michel Foucault dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih.

Budianto, H., & Sos, S. (2019). Kontestasi Politik dalam Ruang Media Perspektif Critical Discourse Analysis. Prenada Media.

Fuady, N. (2019). Kuasa disiplin dalam kepemimpinan di perpustakaan (studi kasus Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe). Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 1(2), 40–52.

Hardianto, H. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan keagamaan lembaga dakwah kampus Universitas Mataram Tahun 2020. UIN Mataram.

Iqbal, M. (2019). Pelarangan Buku di Indonesia Era Orde Baru: Perspektif Panoptikon Michel Foucault. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 9(1), 56–78.

Kokotiasa, W. (2021). Pertarungan Politik dan Keberpihakan Produk Hukum. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(2), 61–74.

Kumbara, A. N. (2018). Genealogi teori dan metodologi di cultural studies. Jurnal Studi Kultural, 3(1), 35–46.

Mahalia, L. D., Supriyanto, S., & Syukri, Y. (2020). Development of sweet potato (Ipomoea batatas Lamk.) as excipient in tablet formulation. Journal of Public Health Research, 9(2), jphr-2020.

Marice, L. D., & Taqwa, R. (2020). Pola kekuasaan pendisiplinan dalam membina perilaku peserta didik di SMA Negeri Olahraga Sriwijaya. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 122–133.

Masduki, H., Abdurohim, S., & Permana, A. (2021). Mengasah Jiwa Kepemimpinan: Peran Organisasi Kemahasiswaan. Penerbit Adab.

Nanda, D. H. (2020). CSR dan pendanaan LSM di Yogyakarta. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 1(1), 29–42.

Nurfaidah, R. (2019). DARI PRIMER KE ALTERNATIF: PERGESERAN HASRAT DENNY HARDY (From the Prime to the Alternative: the Shift of Denny Hardy’s Passion). Sirok Bastra, 7(2), 181–193.

Nurtanto, A., & Munandar, A. (2021). Pola Kaderisasi Organisasi Ekstra Kampus: Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FISIP UIN Syarif Hidayatullah. Unnes Political Science Journal, 5(2), 42–47.

Pakarti, D., Kabayantini, N. L., & Krisna, I. G. N. (n.d.). Relasi Kuasa Dalam Perubahan Seni Tari Gandrung, di desa Kemiren, kecamatan Glagah kabupaten Banyuwangi.

Permadi, S. E. (2018). Disiplin menurut Michel Foucault dalam karya Discipline And Punish: The Birth Of The Prison. Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Rizky, P. A. (2022). Pernikahan Politik Indonesia (Studi Kasus Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua Mahkamah Konstitusi). POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 2(2), 104–113.

Santosa, B. T. (2017). Formasi diskursus dan subjektivitas dalam novel the water knife karya paolo bacigalupi: Pendekatan arkeo-genealogi Foucault. Atavisme, 20(2), 138–154.

Sari, Y. P. (2020). Konstruksi Identitas Melania Trump sebagai First lady Amerika Serikat di Instagram dan The New York Times (Analisis Wacana Kritis). Universitas Hasanuddin.

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: konsep, teori, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Siregar, M. (2021). Kritik Terhadap Teori Kekuasaan-Pengetahuan Foucault. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).

Syafiuddin, A. (2018). Pengaruh Kekuasaan Atas Pengetahuan (Memahami Teori Relasi Kuasa Michel Foucault). Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 18(2), 141–155.

Syukur, M. (2019). Praktik Hegemoni Mahasiswa Senior Terhadap Junior Di Dalam Kehidupan Kampus. Society, 7(2), 71–82.

Torro, S. (2022). Pengaruh Pola Kontrol Terhadap Tingkat Perilaku Sosial Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya: Tebar Science, 6(2), 137–143.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.