Hubungan Kekuasaan Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 6 Tana Toraja

Dian Milen(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.51050

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kekuasaan guru pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 6 Tana Toraja, 2) Gambaran prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 6 Tana Toraja dan 3) Hubungan kekuasaan guru dengan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 6 Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi berjumlah 229 orang diperoleh ukuran sampel sebesar 20% dari jumlah populasi yakni sebesar 46 sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kekuasaan guru di SMA Negeri 6 Tana Toraja pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi. 2) Prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Tana Toraja Toraja pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori sedang dan 3) Terdapat hubungan antara kekuasaan guru dengan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 6 Tana Toraja, yang tunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 yang artinya bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan atau berkorelasi.


Keywords


Kekuasaan guru; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2022). LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul’Ulum, 18(1), 38–48.

Afifudin, A. (2020). Monopoli Bisnis Koperasi Simpan Pinjam Di Tinjau Dari Undang Undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Jurnal USM Law Review, 1(1), 106–126.

Alfons, C. R. (2020). Totemisme Di Era ModerniSasi (Realitas Masyarakat Adat Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Komunitas: Jurnal Ilmu Sosiologi, 3(2), 89–100.

Azizah, N. (2022). Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4235–4242.

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Hilal, A. N. (2022). Pola Komunikasi Keluarga dalam Menghadapi Perilaku Menyimpang Anak pada Masa Pandemi di Kota Parepare. IAIN Parepare.

Jalil, A., & Torro, S. (2018). Penggunaan Kekuasaan Guru Dalam Kelas (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12343

Nurwindah, N., & Torro, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Menciptakan Sekolah Yang Menyenangkan Di Sma Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1, 39–46.

Samrin, & Syahrul. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.

Satuloh, M. S. A. A., & Widjaja, S. U. M. (2021). Pola Pendidikan Ekonomi (Informal) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak (Studi Kasus Sentra Kerajinan Sangkar Burung Desa Gedog Wetan Kecamatan Turen Kabupaten Malang). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(5), 564–583.

Tanatorajakab.go.id. (2021). Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Tana Toraja. Tanatorajakab.Go.Id.

Taufik, C. M., & Suryana, N. (2022). Media, kebenaran, dan post-truth.

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 268–275.

Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Uswatun, H. (2023). Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

Wahab, A. (2021). Sampling dalam Penelitian Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kesehatan, 4(1), 38–45.

Wau, Y. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Swasta Katolik Bintang Laut. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 16–21.

Yulistiana, I. (n.d.). Respon tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap regulasi bernuansa agama. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.