Perubahan Persepsi Nilai Fungsional Tradisi A’dinging-dinging di Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Selayar

Andi Asywid Nur(1*), Andi Agustang(2), Ahmadin Ahmadin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.44861

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor  penyebab terjadinya perubahan persepsi nilai fungsional, proses terjadinya perubahan persepsi nilai fungsional dan dampak perubahan persepsi nilai fungsional tradisi A’dinging-dinging bagi masyarakat.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancaran dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya perubahan persepsi nilai fungsional dalam tradisi A’dinging-dinging yaitu karena faktor internal dan eksternal. Faktor intenal mencakup perubahan penduduk, gaya hidup apatis masyarakat dan adanya pertentangan dari internal masyarakat yang mempunyai latar belakang organisasi Islam. Sementara itu, faktor eksternalnya diakibatkan oleh pandemic covid-19 serta pengaruh budaya masyarakat lain akibat kemajuan teknologi. Proses terjadi perubahan persepsi nilai fungsional melalui tiga tahap utama. Pertama, kondisi awal atau status quo. Kedua, terjadinya proses perubahan karena muncul ketidakpuasan dari masyarakat yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal sehingga menyebabkan pergeseran keyakinan. Ketiga, terdapat suatu kondisi baru atau tranformasi. Kemudian dampak perubahan persepsi nilai fungsional dalam tradisi A’dinging-dinging seperti pola pikir yang terbuka serta sistem sosial politik yang demokratis.




Keywords


Perubahan Sosial; Tradisi A’dinging-dinging

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2011). Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Alfons, C. R. (2020). Totemisme Di Era ModerniSasi (Realitas Masyarakat Adat Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Komunitas: Jurnal Ilmu Sosiologi, 3(2), 89–100.

Fajarini, U. (2021). Antropologi Pendidikan. Rajawali Pers.

Fitriya, A., Hidayat, Y., & Widaty, C. (2022). Tradisi Basasanggan Dalam Acara Perkawinan di Desa Pimping Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, 2(1).

JULIANA, E. (n.d.). INTERNALISASI MAKNA PESAN MORAL BATTI’-BATTI’DALAM PEMERTAHANAN NILAI-NILAI KARAKTER DI MASYARAKAT.

Kharimah, A. F. A. (2022). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Free Fire Battlegrounds Terhadap Sikap Apatis Pada Remaja Di SMAN 1 Jombang. IAIN Kediri.

Mardilah, S., Verolyna, D., & Valentine, F. (2023). Akulturasi Budaya Masyarakat Transmigran di Desa Suro Kampung Bali Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Priyambodo, M. (2021). Studi Living Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10 (Peran Organisasi Forum Silturahmi Dalam Mediasi Konflik di Desa Jungpasir Kecamatan Wedung Kabupaten Demak). IAIN KUDUS.

Purwantiasning, A. W. (2022). Tradisi Lisan Dalam Arsitektur. NALARs, 21(2), 105–112.

Putra, A., & Suryadinata, S. (2020). Menelaah Fenomena Klitih di Yogyakarta Dalam Perspektif Tindakan Sosial dan Perubahan Sosial Max Weber. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 4(1), 1–21.

Rahmawati, R. (2019). Relasi dan Legitimasi Raja Dengan Ulama dalam Sistem Pemerintahan Islam di Bone. Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 7(1), 30–42.

Rusydi, F. (2023). Kewenangan Panwaslih Aceh Dalam Menyelesaikan Sengketa Proses Pemilihan Umum (Studi Kasus Terhadap Putusan Nomor: 001/Ps/Bawaslu-Prov. Ac/Vii/2018). UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2022). Analisa Kebijakan Pemberlakuan PPKM Pada Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Industri Skala Kecil Dan Menengah Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(2), 97–107.

Wardhana, A. P. S., & Farokhah, F. A. (2021). Suran di Tengah Pugeblug: Dampak Covid-19 Terhadap Tradisi Jawa Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 7(1).

Yuliana, Y. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT DESA BONTOLEMPANGAN KECAMATAN BUKI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR MENGENAI ADAT A’DINGING-DINGING. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.