Eksistensi Tradisi Maccace dalam Daur Hidup Masyarakat Mandar di Desa Katumbangan

Nirwana Nirwana(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.44542

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Eksistensi tradisi maccace dalam daur hidup masyarakat Mandar di Desa Katumbangan dan 2) Dampak eksistensi tradisi maccace dalam daur hidup masyarakat Mandar di Desa Katumbangan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian 16 orang yang dipilih melalui purposive sampling, dengan kriteria informan yaitu masyarakat yang pernah melewati jenjang pendidikan, pernah melakukan tradisi maccace dan tinggal di Desa Katumbangan. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Eksistensi tradisi maccace dalam daur hidup masyarakat mandar di Desa Katumbangan adalah; a) Menjadi pengikat silatuhrahmi, b) adanya hubungan saling ketergantungan satu sama lain, dan c) Resiprositas menjadi penolong bagi pemilik acara/tuan rumah yang sedang melangsungkan acara/tuan rumah. 2) Dampak eksistensi tradisi maccace dalam daur hidup masyarakat Mandar di Desa Katumbangan adalah; a) Dampak positif berupa penghargaan/reward dari masyarakat dan b) Dampak negatif berupa beban ekonomi dan beban sosial.


Keywords


Eksistensi; tradisi maccace; daur hidup

Full Text:

PDF

References


Handoyo, B., & Susilawati, N. (2021). Eksistensi Tradisi Sambatan dan Ingon pada Masyarakat Petani Jawa. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 3(1), 50–61.

Hasana, I. (2021). Analisis Maqashid Syariah Pada Tradisi Menabung di Acara Pernikahan Desa Kesambirampak Rambutan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi ….

Inggriani, L., & HR, M. N. (2015). Bagaimana peran istri dalam mencapai Maqashid Syariah: istri sebagai manajer keuangan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(12), 315235.

Masithoh, N. D., Wijaya, M., & Kartono, D. T. (2018). Pergeseran Resiprositas Masyarakat Desa (Studi Etnografi Pergeseran Nilai Tentang Sumbangan Perkawinan Di Masyarakat Brongsongan, Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Analisa Sosiologi, 2(1).

Nabilah, O. (n.d.). Solidaritas Masyarakat Aceh Terhadap Pengungsi Rohingya Pada Karya Fachrul Reza. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nanda, A. A. N. (2020). Pendidikan Moral Pada Tradisi Bayi Digendong Saat Maghrib di Desa Regunung-Jawa Tengah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 72–81.

Nuri, M. Z. (2021). Penyimpangan Sosial Dalam Surat Al-Humazah. IAIN KUDUS.

Octanti, N. E. (2022). Studi pengamalan pada organisasi keagamaan di Perumahan Gedungombo Semanding Tuban. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prasetyo, A.-M. G. (2022). Trend Pemberian Hadiah Sesama Mahasiswa Menuju Hari Kelulusan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora). UIN Ar-Raniry.

Priyatna, H., & Sip, S. (2023). Kamus Sosiologi: Deskriptif dan Mudah Dipahami. Nuansa Cendekia.

Purwasari, E. (2020). Dicatet Mak! Emik, 3(1), 17–35.

Rosyalina, R. A. (n.d.). Hubungan Timbal Balik Senior-Junior Dalam Aksi Tawuran Antar Pelajar (Studi Kasus SMKN 29 Jakarta Selatan). Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah.

Septian, A., & Ahmad, M. R. S. (2020). Dampak Pemanfaatan Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 7(1), 73–80.

Simanjuntak, M., Triharjono, B. A., Banjarnahor, A. R., Sari, O. H., Purba, S., Hasibuan, A., Harizahayu, H., Purba, B., Handiman, U. T., & Ismail, M. (2021). Perancangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Yayasan Kita Menulis.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Syukur, M. (2020). Resiprositas dalam Daur Kehidupan Masyarakat Bugis. Jurnal Neo Societal, 5(2), 99–111.

Wolfgang Bock Kastowo, S. J. (n.d.). Berdukacita dan Bersungkawa: Mengolah Musibah Menjadi Berkah. PT Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.