Diskriminasi Pendidikan ( Studi Kasus Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar)

Andi Fahrul(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.44538

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1). Bentuk diskriminasi pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar serta 2). Dampak diskriminasi pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian sebanyak 7 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu : a) Minimal berusia 17 tahun, b). Dekat dengan Anak Berkebutuhan Khusus, c). Keluarga dari anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik kebasahan data menggunakan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bentuk diskriminasi pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu : (a) Di Tolak di sekolah Negeri atau Reguler, (b). Fasilitas sekolah yang tidak memadai, (c).Akses pendidikan yang sulit, (d) Keluarga tidak memberikan fasilitas Anak Berkebutuhan Khusus untuk sekolah 2). Dampak diskriminasi pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu; (1) Adanya Dampak Sosial yaitu Anak berkebutuhan khusus akan semakin sulit berinteraksi, (2) Dampak Psikologis yaitu Akan mempengaruhi mental anak berkebutuhan khusus, (3). Dampak Ekonomi Yaitu Anak Berkebutuhan Khusus akan terus menerus bergantung dengan keluarga.


Keywords


Diskriminasi; Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, M. I. (2019). Implementasi pendidikan inklusi di Sekolah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fitri, M., & Indriyani, L. T. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Ruang Digital Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 95–109.

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13–22.

Jumiati, J., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). KONTROL ORANGTUA PADA ANAK PENGGUNA MEDIA SOSIAL SISWA KELAS XII BAHASA DI SMA NEGERI 3 POLEWALI.

Khikmah, A., & Winarno, M. E. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di madrasah tsanawiyah (mts) se-kecamatan klojen kota malang pada semester ganjil tahun 2017. Indonesian Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 12–19.

Lesmana, R. P. D., & Syafiq, M. (2022). Fanatisme Agama Dan Intoleransi Pada Pengguna Media Sosial. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 36–49.

Majid, A. (2020). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru.

Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat, 2(2), 269–286.

Mashuddin, M., Ahmad, M. R. S., & Arifin, Z. (n.d.). Perilaku Bullying Di SMA Negeri 1 Maros (Studi Kasus Pada Siswa Pindahan). Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 142–152.

Nasaruddin, N. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Iman dan Seni Bagi Anak Penyandang Disabilitas Down Syndrome. Masokan: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1–11.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam‎ Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Islam Cendekia‎ Cianjur. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76.

Ratna, R., & Torro, S. (2019). IMPEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 3 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 111–116.

Ryan, A. (2021). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING DI ERA PANDEMI BAGI PELAJAR SMK IPIEMS DI KOTA SURABAYA. UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

Sugianto, M. R., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Dalam Inovasi Pembelajaran (Studi Penelitian di Kabupaten Pangkep).

Tafsir, A. (n.d.). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung Remaja Rosdakarya, 2008, cet. Ke, Nd.

Torro, S., Akbal, M., & Sumilih, D. A. (2022). REDUKSIONIS NORMA SOSIAL DALAM KELUARGA PADA ANAK BERKONFLIK HUKUM. SUPERMASI, 17(1), 77–88.

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Yuningsih, I. N. (2019). Diskriminasi terhadap mantan tenaga kerja wanita dalam persfektif feminis: studi kasus di Dusun Ongko Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Besar. UIN Mataram.


Article Metrics

Abstract view : 629 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.