Analisis Ekosistem Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMAN 2 Maros

Wahyuni Wahyuni(1), Supriadi Torro(2*),

(1) UNiversitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.44528

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) gambaran ekosistem sekolah di SMAN 2 Maros 2) Komponen Ekosistem Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMAN 2 Maros. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 20 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu kepala sekolah SMAN 2 Maros, Komite Sekolah, guru mata pelajaran di SMAN 2 Maros dan siswa berprestasi jurusan IPS dan IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran ekosistem di SMAN 2 Maros adalah iklim sekolah yang kondusif. 2) Komponen ekosistem sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMAN 2 Maros adalah 1) Kepemipinan demokratis kepala sekolah. 2) Kontribusi komite sekolah. 3) Guru dan tenaga kependidikan bekerja secara profesional. 4) prestasi peserta didik yang menigkat.

 


Keywords


Ekosistem sekolah; mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


As’ ari, H., & Zakaria, R. (n.d.). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di Tiga SDN Kelurahan Pondok Labu. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bahari, A., Maulipaksi, D., Putri, R. H., Retnawati, D., Anugrahmawaty, D., Sari, P., Kusuma, A., Pramudita, P., Sugianto, D., & Indriaswarti, I. (2019). Media Komunikasi dan Inspirasi: JENDELA Pendidikan dan Kebudayaan XXXVIII/Oktober 2019. Sekretariat Jenderal.

Bakrun, M., Khurniawan, A. W., & Widjajanti, C. (2019). Optimalisasi tata kelola ekosistem sekolah menengah kejuruan.

Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–1), 88–102.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nugraha, H. A. (2013). Analisis penerapan sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) dalam pengolahan data keuangan pada organisasi pemerintah daerah (Studi kasus pada Dinas Kesehatan Kabupanten Nganjuk). Universitas Negeri Malang.

Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2022). Trik Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Nawa Litera Publishing.

Ritzer, G. (2011). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Penerjemah Alimandan. Edisi pertama, Cetakan ke-9. Rajawali, Jakarta.

Rizka, S. I. (2020). Profesionalitas Guru Dalammeningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di Era Globalisasi. IAIN BENGKULU.

Rusdi, E. (2018). Pemetaan Peran Dan Fungsi Komponen Dalam Ekosistem Pendidikan Di Kota Metro Provinsi Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 4(2), 1–26.

Sugianto, D. (2011). Implementasi Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Penyelenggaraan Pendidikan keterampilan (Kecakapan) Hidup di Tingkat Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Malang.

Suparman, P. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Peran Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 1 Gresik –JATIM. GEMA EKONOMI (Jurnal Fakultas Ekonomi), 4(1), 1–21.

Zahroh, A. (2015). Total quality management: Capaian kualitas output melalui sistem kontrol mutu sekolah. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 79–94.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.