Pengaruh Aktivitas Mahasiswa Dalam Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Tingkat Keterampilan Sosial Mahasiswa FPIPS UPI

Dhavin Azka Maulana(1*), Sardin Sardin(2), Nindita Fadjiria(3),

(1) Universitas Pendidikan Indoneisa
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.42744

Abstract


Aktivitas yang dapat dijalakan oleh mahasiswa tidak hanya berkutat pada aktivitas akademik di dalam kelas, melainkan aktivitas keorganisasian. Dengan mengikuti berbagai macam aktivitas keorganisasian, diharapkan mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi, berkolaborasi, menghargai pendapat, berperilaku asertif, bahkan meningkatkan kemampuan akademik yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang seberapa besar pengaruh aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi terhadap tingkat keterampilan sosial mahasiswa FPIPS UPI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa aktif FPIPS dengan metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan penyebaran angket digital dengan pengukuran variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dengan hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi terhadap tingkat keterampilan sosial mahasiswa FPIPS dengan uji R2 sebesar 0,405 atau 45%.

Keywords


Aktivitas Mahasiswa; Organisasi Kemahasiswaan; Keterampilan Sosial

Full Text:

PDF

References


Bremer, C., & Smith, J. (2004). Teaching Social Skills (NCSET Information Brief).

Idauli, A. R., Fitri, E., & Supriyono, S. (2021). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Perkembangan Keterampilan Non Teknis Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Academy of Education Journal, 12(2), 311–321.

Kowalewska, D., Adamczyk, A., & Trojanowska–Strzęboszewska, M. (2021). Dataset of Ukrainian migrant workers opinions on their stay in Poland during COVID-19 lockdown. Data in Brief, 38, 107415.

Mawaddah, S. (2022). Analisa Faktor Pengaruh Pemilihan Peminatan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162–174.

Nasution, A. M. (2018). Pengaruh organisasi kemahasiswaan ekstra kampus terhadap kemampuan berkomunikasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan (studi kasus HMI, PMII, dan KAMMI). IAIN Padangsidimpuan.

Olokundun, M., Moses, C. L., Iyiola, O., Ibidunni, S., Ogbari, M., Peter, F., & Borishade, T. (2018). The effect of non traditional teaching methods in entrepreneurship education on students entrepreneurial interest and business startups: A data article. Data in Brief, 19, 16–20.

Purnama, A. (2017). Optimalisasi Keterampilan Sosial ABK Melalui Metode Bermain Kooperatif Pada Paud Inklusi. Prosiding SNasPPM, 1(1), 39–46.

Putri, C. E. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2016/2017. IAIN Metro.

Ramdhani, N. (1994). Pelatihan ketrampilan sosial pada mahasiswa yang sulit bergaul. Universitas Gadjah Mada.

Siu, O. C. (2019). PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PROFESIONAL MANAGEMENT COLLEGE INDONESIA. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 1(1), 40–49.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujerweni, W., & Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tampubolon, P. (2018). Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional, 4(3), 22–35.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.