Urgensi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi pada Pendidikan Abad 21

Safirah Wulandah(1*), Achmad Hufad(2), Eko Sulistiono(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.41771

Abstract


Kurikulum merdeka yang didesain oleh Menteri Pendidikan menjadi jawaban dalam pendidikan abad 21 pada pembelajaran sosiologi. Dengan penerapan student centered learning atau berfokus pada siswa, pendidikan dirancang dengan menyesuaikan pendidikan abad 21 ini dalam pembelajaran sosiologi. Dalam kurikulum merdeka menjadi bentuk perbaikan dan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya untuk mengatasi learning loss dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research atau studi kepustakaan yang diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel dan buku. Adapun hasil dari penelitian ini ialah bahwa kurikulum menjadi urgensi dalam pendidikan abad 21 dalam pembelajaran sosisologi dengan beberapa konsep kurikulum merdeka yang mendukung. Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka dan pendidikan abad 21 dalam pembelajaran sosiologi, guru dituntut untuk mengkombinasikan strategi, model, metode dan media pembelajaraan yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan zaman siswa agar pembelajaran sosiologi menjadi menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih paham. Dengan penerapan student centered learning, siswa diharapkan mampu menjadi warga negara yang senantiasa manjadi problem solver untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan masyarakat dengan kemampuan analisis dan eksplorasi dari berbagai sumber pembelajaran. Oleh karena itu, kurikulum merdeka memiliki peran penting dalam pembelajaran sosiologi dan pendidikan abad 21.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Pendidikan Abad 21; Pembelajaran Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Anisa, S. N., & Muna, B. (2022). Guru Dalam Pengajaran Abad 21.

Bukit, S., & Sarbaini, W. (2022). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap RPP Merdeka Belajar di Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 58–66.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Ghufronudin, G. (2019). Pembelajaran sosiologi berbasis media sosial sebagai bentuk pembelajaran abad 21. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(1), 21–32.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Iskandar, A. M. (2023). BAB VIII LANDASAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN. Pengantar Pendidikan, 105.

Jalal, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP N 17 Halmahera Utara. Dinamika Pembelajaran, 4(1), 43–50.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66–78.

Mupita, J., Abdullah, A. G., & Bünning, F. (2020). Flipping the Technical and Vocational Classroom for Increased Instructional Outcomes. INVOTEC, 16(1), 11–31.

Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1(1).

Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101.

Suminar, D. (2019). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783.

Suwardika, G., Sopandi, A. T., & Indrawan, P. O. (2022). The Students’ Learning Difficulties at the Open University Webinar Tutorial. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(3), 561–573.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora Dan Pendidikan (QSinastekmapan), 1.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.


Article Metrics

Abstract view : 1182 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.