Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Di Pemukiman Kumuh Wonokromo, Kota Surabaya

Ruci Handayani(1*), Pambudi Handoyo(2),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.39812

Abstract


Penelitian ini dilakukan di beberapa titiik permukiman kumuh yang tersebar di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui bagaimana strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Untuk mengetahui fenomena tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode tersebut dipilih guna memudahkan peneliti dalam mengolah data-data yang telah diperoleh melalui studi kepustakaan dan observasi. Dengan menggunakan metode tersebut, peneliti dapat mengetahui analisis hasil mengenai fenomena yang telah diangkat. Dari metode penelitian tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat yang bermukim di wilayah permukiman kumuh di Kecamatan Wonokromo melakukan berbagai cara dalam mengatasi permasalahan yang ada di dalam kehidupannya, salah satunya dengan cara melakukan berbagai jenis pekerjaan dalam sektor informal meskipun dengan pendapatan yang relatif rendah. Selain itu, mereka juga menghindari berurusan dengan berbagai instansi yang dirasa membutuhkan biaya yang cukup besar, salah satunya rumah sakit. Mereka juga memanfaatkan strategi jaringan sosial guna mengatasi permasalahan yang dialaminya.

 


Keywords


Strategi Bertahan Hidup; Permukiman Kumuh; Wonokromo

Full Text:

PDF

References


Agustina, P. Y., & Sadewo, F. S. (2014). Modal Sosial Elit Alternatif di Pemukiman Kumuh Kampung Baru Jagir Wonokromo Surabaya. Paradigma, 02(03).

Dhani, A. R. (n.d.). Dampak Permukiman Kumuh Terhadap Perekonomian Warga Kelurahan Bojong Pondok Terong Kota Depok. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Di, K., Anduonohu, K., & Kendari, K. (2020). 3 1,2,3. 5(2), 132–140.

Harahap, A. S. (2021). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Sugai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Istikasari, M., & Khadiyanto, P. (2014). Identifikasi permukiman kumuh di pusat Kota Jambi. Ruang, 2(4), 301–310.

Jannah, S. N. (2022). Peran Ganda Perempuan Sebagai Ibu Rumah Tangga dan Dukun Urut (Pijat). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

M, I., & Risyanto. (2014). Pengaruh Sosial Ekonomi Penghuni Terhadap Permukiman Kumuh Di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Jurnal INKOM, 1–8.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya, 93–106.

Nyoman, N. N., Ketut, S. I., & Wayan, B. N. (2021). Efektifitas Bermain Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Menggambar Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Giri Kusuma Desa Pelaga Tahun 2020. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 153-158.

P.Putra, I. N. D., Anwar, N., Utomo, C., Sukojo, B. M., & Setiawan, N. (2011). Evaluasi Penggunaan Lahan Dan Prediksi Perkembangan Sektor Primer , Sekunder Dan Tersier Pada Wilayah Kota Surabaya Berdasarkan PDRB. Jurnal Teknik Sipil KERN, 1(2), 35–46.

Purba Wasisa, K., Nur Hidayati, I., Heru Murti Integrasi Algoritma Lacunarity dan Analisis Penajaman Citra Worldview, S. B., Penentuan Prioritas dan Jenis Tindak Penanganan Kawasan Kumuh Lokasi, U., Wonokromo, K., Surabaya, K., Algoritma Lacunarity Dan Analisis Penajaman Citra Worldview, I., PENENTUAN PRIORITAS DAN JENIS TINDAK PENANGANAN KAWASAN KUMUH Kasus di Kecamatan Wonokromo, U., Surabaya Kuncoro Purba Wasisa, K., Heru Murti, S. B., dan Penginderaan Jauh, K., & Geografi UGM, F. (2016). Integrasi Algoritma Lacunarity dan Analisis Penajaman Citra Worldview 3 untuk Penentuan Prioritas dan Jenis Tindak Penanganan Kawasan Kumuh (Kasus di Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya). Jurnal Bumi Indonesia, 5(3), 228391.

Purnomo, N. H., & Si, M. (2020). NGAGELREJO KECAMATAN WONOKROMO KOTA SURABAYA Ika Wahyuningtyas Abstrak. Swara Bhumi, 2(1), 1–8.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran the power of two Di Sd. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 605–610.

Rauf, R., & Munaf, Y. (2015). Lembaga kemasyarakatan di Indonesia. Zanafa Publishing.

Rofifah, D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Salmawati, S. (2019). Eksistensi tanah wakaf dalam pemanfaatannya untuk kemajuan kesejahteraan umum. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 4(2), 153–165.


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.