Analisis Faktor Penyebab Kebiasaan Penggunaan Kata Kotor Anak Di Bawah Umur Pada Kelurahan Kaluku Bodoa Kota Makassar

Nurulia Alifhah Ramadhani(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.39799

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor penyebab kebiasaan penggunaan kata kotor anak di bawah umur pada kelurahan Kaluku Bodoa kota Makassar dalam berinteraksi sehari-hari. 2) Dampak kebiasaan penggunaan kata kotor bagi anak di bawah umur pada kelurahan Kaluku Bodoa kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengambil informan sebanyak 12 orang yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redaksi kata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor penyebab kebiasaan penggunaan kata kotor anak di bawah umur pada kelurahan Kaluku Bodoa kota Makassar dalam berinteraksi sehari-hari terbagi menjadi dua yaitu faktor internal yang meliputi inginnya mencari perhatian dan sensasi, dan kontrol emosi yang belum baik. Faktor kedua yaitu faktor eksternal yang terdiri dari keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan teman sepergaulan. 2) Dampak kebiasaan penggunaan kata kotor bagi anak di bawah umur pada kelurahan Kaluku Bodoa kota Makassar kebanyakan menimbulkan dampak yang negatif, yaitu munculnya dampak psikologis seperti mudah terganggu, cepat merasa tersinggung, merasa mudah marah, dan timbul rasa dendam. Dampak lain yang muncul adalah timbulnya perilaku yang tidak sopan dan terkikisnya nilai moral, para anak di bawah umur ini bahkan sudah terbiasa menggunakan kata kotor dalam berinteraksi dengan orang yang lebih tua dari mereka, sering mengejek seseorang dengan kata kotor, dan tidak merasa bersalah jika melontarkan kata kotor kepada seseorang.


Keywords


kata kotor; anak di bawah umur.

Full Text:

PDF

References


Agustang, Andi. (2011). Filosofi Research (Dalam Upaya Pengembangan Ilmu Pengetahuan). Makassar: Multi Global.

Anggraini, D. R. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN ANGGOTA TUBUH PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN AUTISTIK. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Arsih, Farida Yuni. (2010). Studi Fenomenologis : Kekerasan Kata-Kata (Verbal Abuse) Pada Remaja.

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).

Haar Ter. (1997). Beberapa Masalah Tentang Kenakalan Remaja. Bandung: PT. Karya Nusantara

Haq, Akhmad Liana Amrul, Aning Az Zahra. (2019). Pelatihan Hypnotherapy Untuk Menurunkan Intensitas Berbicara Kasar Siswa. Jurnal Psikosains, 14(2)

Hawadi, R. A. (2001). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113-118.

Montessori, Maria. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orang tua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2)

Rauf, A. (2017). DAMPAK PSIKOLOGI MAKIAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI STRATA SOSIAL MASYARAKAT BAHASA. JURNAL KONFIKS, 4(2), 111-127.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Sudarsana, I K. & Prima Dewi PF, K. A. (2020). Educational Technology: Application In Working And Learning From Home. Denpasar: Yayasan Gandhi Puri

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supono. (2019). Ketegangan orang tua terhadap pendidikan anak dan solusinya, Tangerang : Indocamp.

Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Widyastuti Ana. (2019). Permasalahan Anak. Jakarta : PT Gramedia

Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peran Lingkungan Sosial Pada Perilaku Berbicara Kasar Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 353-361).


Article Metrics

Abstract view : 1393 times | PDF view : 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.