Kontribusi Perempuan Tani Pegunungan Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Ashari Ismail(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.39169

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang mengungkapkan kontribusi perempuan tani pegunungan  dalam memenuhi kebutuhan  keluarga  di Tandara, Suli Barat  Luwu.  Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif  deskriptif, dengan berupaya menggambarkan sumbangan   perempuan dalam memenuhi nafkah keluarga. Hasil riset mengindikasikan bahwa  perempuan pegunungan  memiliki  andil, dalam memberikan nafkah keluarga, dengan terjun langsung  sebagai  mitra suami / laki-laki dalam bekerja, baik sebagai buruh maupun sebagai petani penggarap dan pengumpul. Peran perempuan ini, adalah  tidak hanya memenuhi kebutuhan   praktis, tetapi juga  keperluan  strategis. Perempuan perempuan ini,  walaupun tidak lepas sebagai pekerja domestik semata, tetapi memberikan kontribusi berharga dalam menopang ekonomi keluarga. Posisi perempuan ini memberikan posisi tawar perempuan, dalam ranah rumah tangga dan masyarakat luas, ditengah kultur patriarch yang masih “menyelimuti kehidupan mereka”.

Keywords


Perempuan tani;pegunungan; Kebutuhan keluarga

Full Text:

PDF

References


Hasbullah, H. (2018). Kontribusi Perempuan Pengrajin Tenun Terhadap Ekonomi Keluarga Di Desa Bukit Batu. Kafaah: Journal of Gender Studies, 8(2), 213–226.

Ismail, A. (n.d.). Women Farmers’ Livelihood Patterns of Mountain Prismatic Community. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 134–138.

Ismail, A., Ramli, M., & Tamrin, S. (2021). Kontribusi Perempuan Pemecah Kemiri Dalam Menopang Ekonomi Keluarga. Seminar Nasional LP2M UNM.

Ismail, A., & Umar, F. (1964). Perempuan dan Pembangunan Politik Kajian Tentang Profile dan Peran Politik Perempuan Kepala Desa dalam Pembangunan Demokratisasi Pedesaan. Seminar Nasional LP2M UNM.

Nasional, D. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta.

Nurmagfirah, N., Idris, R., Suyitno, I., & Mana, R. (2021). Kontribusi Perempuan Buruh Tani Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Di Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Phinisi Integration Review, 4(2), 240–248.

Ramli, K., Tambani, G. O., & Kotambunan, O. V. (2020). Kontribusi Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Pentadu Timur Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 8(2), 164–168.

Risal, R., Agustang, A., & Syukur, M. (n.d.). Peranan Perempuan Tani dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kelurahan Bonto Langkasa Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Phinisi Integration Review, 4(2), 282–291.

Sajogyo, P. (1981). Peranan Wanita dalam Keluarga, Rumah Tangga, dan Masyarakat yang Lebih Luas di Pedesaan Jawa Dua Kasus Penelitian di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Sumedang di Jawa Barat.

Thamrin, M. H. (2007). Perubahan budaya dalam pengelolaan pertanian (Suatu studi pada masyarakat etnik Melayu dan Jawa di Desa Perhiasan Selesai Kabupaten Langkat). UNIMED.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.