Kecemasan Sosial Terhadap Kegiatan Vaksinasi Covid 19 Pada Masyarakat Di Kelurahan Tettikenararae Kabupaten Soppeng

Asniar Asniar(1), Muhammad Syukur(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.39131

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Faktor penyebab kecemasan sosial terhadap kegiatan vaksinasi covid-19 pada masyarakat di Kelurahan Tettikenrarae Kabupaten Soppeng dan 2) Kegiatan yang dilakukan untuk menangani kecemasan sosial terhadap kegiatan vaksinasi covid-19 pada masyarakat di Kelurahan Tettikenrarae Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, serta wawancara. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi penyimpanan data. Serta pengecekan keabsahan data digunakan member check. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Faktor penyebab kecemasan sosial terhadap kegiatan vaksinasi covid-19 pada masyarakat di Kelurahan Tettikenrarae Kabupaten Soppeng yakni, a) Faktor lingkungan sosial, dan b) Media sosial dan televisi, dan c. 2) Kegiatan yang dilakukan untuk menangani kecemasan sosial terhadap kegiatan vaksinasi covid-19 pada masyarakat di Kelurahan Tettikenrarae Kabupaten Soppeng yakni a) Melakukan Sosialisasi, dan b) Melakukan pendampingan sebelum dan sesudah penerimaan suntikan vaksinasi covid-19.

Keywords


Kecemasan Sosial; Vaksinasi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2011). Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Fakhrani, H., & Sovitriana, R. (2022). Efikasi Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap KecemasanWarga Binaan Di Panti Sosial Bina Karya Harapan Jaya Dinas DKI Jakarta. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 27–36.

Hidayah, S. M. (2020). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Coping Skill Pada Mata Pelajaran AkidahAkhlak Di MTs Yasimu Mangunrejo Kebonagung Demak. IAIN KUDUS.

Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 3(1).

Mulyadi, A. (2021). Penerapan Teknik Coping Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Pada Remaja (Studi Di Lingkungan Sayabulu Kelurahan Serang Kecamatan Serang Kota Serang Provinsi Banten). UIN SMH BANTEN.

Naru Nafis, W. (2021). Perbedaan Kecemasan dalam menghadapi Dunia Kerja pada siswa SMA dan SMK Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Nemuan, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi 7. PT. Indeks.

Sanusi, I. (2022). PENGARUH INTERAKSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU DI SMP ISLAM AINUL ULUM PARIT SERIBUT SUNGAI AMBAWANG. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(12), 2367–2380.

Soendari, T. (2012). Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif. Bandung: Jurusan PLB Fakulitas Ilmu PendidikanUniversitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Surbakti, A. M. (2022). PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN KELANGKAAN MINYAK GORENG TERHADAP KECEMASAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KEDAI DURIAN KOTA MEDAN.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. PT. Rajagrafindo Persada.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.