Implementasi Pelatihan Kompetensi Kejuruan Garmen Apparel Di Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda

Ida Ayu Endah Antika Maharani(1*), Yudo Dwiyono(2), Hepy Tri Winarti(3),

(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.38914

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pelatihan berbasis kompetensi kejuruan garmen apparel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualititatif karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi pelatihan berbasis kompetensi kejuruan garmen apparel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dengan informan penelitian. Observasi dan studi dokumen untuk mendukung data dengan menggunakan teknik wawancara. Analisis data dengan mengggunakan reduksi data yaitu memilah – milah data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelatihan berbasis kompetensi kejuruan garmen apparel yaitu dilaksanakan pada tahapan persiapan dengan melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan program pelatihan dan rekrutmen peserta sebagai unsur penting pelaksanaan kegiatan pelatihan. Tahapan pelaksanaan dilaksanakan dengan pembelajaran. Pada pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode praktek untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Faktor yang mempengaruhi proses pelatihan adalah adanya modul pelatihan untuk memudahkan kegiatan pelatihan. Fasilitas yang memadai untuk proses pelatihan berbasis kompetensi kejuruan garmen apparel. Instruktur yang berpengalaman dan kompeten yang dimiliki oleh BLK Samarinda juga menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan program pelatihan berbasis kompetensi kejuruan dan garmen apparel.

Keywords


Pelatihan; Pelatihan Berbasis Kompetensi; Kejuruan Garmen Apparel

Full Text:

PDF

References


Aisah, I. U., & Herdiansyah, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Desa Mandiri Energi. Share : Social Work Journal, 9(2), 130. https://doi.org/10.24198/share.v9i2.21015

Darmawan, D. (2016). Kompetensi Instruktur Dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 107–120. https://doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1157

Fitriani, R. D., Hendrawijaya, A. T., & Ariefianto, L. (2019). Peran Metode Praktek Dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan Di Lkp Andi’S English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13573

Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.

Hariyadi, A. B., & Hariyati, N. (2020). Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 558–569. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38163

Imanto, R., Panorama, M., & Sumantri, R. (2020). Pengaruh Pengangguran dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Gorontalo. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 118–139. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i2.636

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif, 18(2), 201–208. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8581

Jaya, D. J., & Raharjo, N. E. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 162–172. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p162

Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656

Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927

Novriansyah, M. A. (2018). Pengaruh Pengangguran dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Gorontalo. Gorontalo Development Review, 1(1), 59–73. https://doi.org/10.32662/golder.v1i1.115

Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PKN Di SMA 2 Polewali. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 47–67. https://doi.org/10.35329/fkip.v10i1.38

Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 281–286. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2801

Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.

Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254

Sabiq, R. M., & Apsari, N. C. (2020). Dampak Pengangguran Terhadap Tindakan Kriminal Ditinjau Dari Perspektif Konflik. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 51–64.

Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432

Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545

Sejati, D. P. (2020). Pengangguran Serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(3), 98–105. https://doi.org/10.54783/jin.v2i3.313

Setiawati, S., Agustina, F., & Evahelda, E. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Program Pemberdayaan Petani Kebun Kelapa Sawit Rakyat Di Kabupaten Bangka. Journal of Integrated Agribusiness, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.33019/jia.v2i1.1121

Sugianto, S., & Permadhy, Y. T. (2020). Faktor penyebab pengangguran dan strategi penanganan permasalahan pengangguran pada desa bojongcae, cibadak lebak provinsi banten. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, 2(3), 54–63. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/583

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Sumini. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 75–86. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025

Swaramarinda, D. R. (2014). Analisis Dampak Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Dki Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 2(2), 63. https://doi.org/10.21009/jpeb.002.2.5

Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman dalam Perspektif Partisipasi Masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 91–106. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1386

Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841


Article Metrics

Abstract view : 198 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.