Implementasi Pelatihan Kompetensi Kejuruan Garmen Apparel Di Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda
(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.38914
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, I. U., & Herdiansyah, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Desa Mandiri Energi. Share : Social Work Journal, 9(2), 130. https://doi.org/10.24198/share.v9i2.21015
Darmawan, D. (2016). Kompetensi Instruktur Dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 107–120. https://doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1157
Fitriani, R. D., Hendrawijaya, A. T., & Ariefianto, L. (2019). Peran Metode Praktek Dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan Di Lkp Andi’S English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13573
Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.
Hariyadi, A. B., & Hariyati, N. (2020). Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 558–569. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38163
Imanto, R., Panorama, M., & Sumantri, R. (2020). Pengaruh Pengangguran dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Gorontalo. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 118–139. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i2.636
Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif, 18(2), 201–208. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8581
Jaya, D. J., & Raharjo, N. E. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 162–172. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p162
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Novriansyah, M. A. (2018). Pengaruh Pengangguran dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Gorontalo. Gorontalo Development Review, 1(1), 59–73. https://doi.org/10.32662/golder.v1i1.115
Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PKN Di SMA 2 Polewali. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 47–67. https://doi.org/10.35329/fkip.v10i1.38
Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 281–286. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2801
Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.
Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
Sabiq, R. M., & Apsari, N. C. (2020). Dampak Pengangguran Terhadap Tindakan Kriminal Ditinjau Dari Perspektif Konflik. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 51–64.
Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545
Sejati, D. P. (2020). Pengangguran Serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(3), 98–105. https://doi.org/10.54783/jin.v2i3.313
Setiawati, S., Agustina, F., & Evahelda, E. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Program Pemberdayaan Petani Kebun Kelapa Sawit Rakyat Di Kabupaten Bangka. Journal of Integrated Agribusiness, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.33019/jia.v2i1.1121
Sugianto, S., & Permadhy, Y. T. (2020). Faktor penyebab pengangguran dan strategi penanganan permasalahan pengangguran pada desa bojongcae, cibadak lebak provinsi banten. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, 2(3), 54–63. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/583
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Sumini. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 75–86. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025
Swaramarinda, D. R. (2014). Analisis Dampak Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Dki Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 2(2), 63. https://doi.org/10.21009/jpeb.002.2.5
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman dalam Perspektif Partisipasi Masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 91–106. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1386
Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841
Article Metrics
Abstract view : 198 times | PDF view : 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.