Upaya Peningkatan Minat Belajar Anak Usia Sekolah Melalui Komunitas Rumah Baca Pesisir di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar

Nurfadillah Nurfadillah(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.36078

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Upaya peningkatan minat belajar anak usia sekolah melalui komunitas rumah baca pesisir di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, 2) Kendala yang dihadapi komunitas rumah baca pesisir dalam upaya peningkatan minat belajar anak usia sekolah di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan merupakan 1) pengurus inti rumah baca pesisir, 2) pengurus yang telah terlibat lebih dari 1 tahun, dan 3) anak binaan yang merupakan siswa yang telah berusia 7 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya peningkatan minat belajar anak usia sekolah melalui komunitas rumah baca pesisir di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, yaitu: a) sosialisasi, b) penjadwalan belajar yang konsisten, c) variasi belajar, dan d) variasi buku bacaan. 2) Kendala yang dihadapi rumah baca pesisir dalam upaya peningkatan minat belajar anak usia sekolah di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, yaitu: a) fasilitas, dan b) peran orangtua.


Keywords


Minat belajar; rumah baca pesisir; anak usia sekolah

Full Text:

PDF

References


Anggi, S. (2020). ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI (NON-FIKSI) SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG. IAIN Purwokerto.

Awaru, A. O. T., & Torro, S. (2022). KOMUNITAS SOKOLA PESISIR DI KOTA MAKASSAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 4(1), 36–44.

Muthmainnah, N., & Arifin, Z. (n.d.). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 SELAYAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 79–83.

REGISTRASI, A. (2022). KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN.

Ruslan, M. (2017). Pengaruh Sehat Kelembagaan Koperasi Terhadap Kesejahteraan Anggota (Studi pada Masyarakat Pesisir di Sulawesi Selatan). Pascasarjana.

Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, S., Wula, P., Purba, B., Purba, S. R. F., & Kato, I. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sari, A. K. (2021). Kurangnya Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Kampung Rakyat. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13(2), 175–179.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Tafonao, T., Shanty, W. A., & Harefa, D. (2021). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 129–143.

Torro, S. (n.d.). PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT CORDIAL DALAM MEMPERKUAT KOMITE SEKOLAH. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(2), 122–129.

Wassahua, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Kampung Wara Negeri Hative Kecil Kota Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–224.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.