Analisis Perilaku Berpacaran Mahasiswa Kos Dalam Perspektif Teori Kontrol Sosial Travis Hirschi di Jebres, Surakarta

Afifah Thohiroh(1*), Yuhastina Yuhastina(2), Abdul Rahman(3),

(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.34548

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perilaku berpacaran mahasiswa kos dalam perspektif teori kontrol sosial Travis Hirschi di Jebres, Surakarta dan 2) Respon masyarakat terhadap perilaku berpacaran mahasiswa kos di Jebres Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa perilaku berpacaran mahasiswa kos sudah semakin meresahkan dianalisis menggunakan teori kontrol sosial internal Travis Hirschi dengan 4 (empat) unsur utama yaitu attachment, commitment, involvement dan believe. Respon dari ketua RT setempat dengan mengadakan ronda malam rutin dan memberikan himbauan kepada para pemilik maupun penjaga kos untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan kos-kosan.

Keywords


Pacaran; Kontrol sosial; Kos-kosan

Full Text:

PDF

References


juga melakukan upaya preventif dengan mengadakan ronda malam rutin dan menghimbau kepada seluruh baik pemilik maupun penjaga kos untuk selalu melakukan pengawasan terhadap penghuni kos agar selalu mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama.

DAFTAR PUSTAKA

BKKBN. (2012). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasiona Direktorat Bina Ketahanan Remaja.

dp3ap2.jogjaprov.go.id. (2020). Perilaku Seks Pra Nikah Remaja.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. Rasibook.

Giri, I. M. A. (2018). Kajian Empirikal Idealism Beragama sebagai Konten Budaya dalam Jargon Nilai Pancasila. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 9–18.

Hisyam, C. J., & Hamid, A. R. (2015). Sosiologi Perilaku Menyimpang (Umasih (ed.)). Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. In Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja (Issue Remaja, pp. 1–8).

Murni, E. (n.d.). Stop Stressing, Start Living. LAKSANA.

PDDikti. (2020). Statistik Pendidikan Tinggi 2020 (F. Herdiyanto & A. D. Akbar (eds.)). Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Primawati, A. (n.d.). Ruang Lingkup Perilaku Menyimpang.

republika.co.id. (2020). Milenial Lebih Suka Sewa Apartemen dan Kos.

Retnowati, W. I. (2007). Hapus Gelisah dengan Sedekah. QultumMedia.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Saragih, R. O., Bangun, M. H., Simanjuntak, J. B., Damanik, K., & Astriana, Y. (2019). The Phenomenon of Commercial Sex Workers in Clubs and Karaoke (Study in Semarang City). Law Research Review Quarterly, 5(2), 181–200.

Sirojammuniro, A. (2020). Analisis Pola Perilaku Pacaran Pada Remaja. Academic Journal of Psychology and Counseling, 1(2), 121–138. https://doi.org/10.22515/ajpc.v1i2.3128

Yulia, F., & Basri, B. (2018). Peran keluarga bekerja dalam mensosialisasikan nilai agama pada anak di RT 02 RW 02 desa Tarai Bangun kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Riau University.


Article Metrics

Abstract view : 387 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.