Perilaku Sosial Remaja dalam Memanfaatkan Ruang Publik Perkotaan Lapangan Pemuda Bulukumba

Nur Aiza Basri(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.34067

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bentuk perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik perkotaan lapangan pemuda Bulukumba dan 2) faktor faktor yang mempengaruhi perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik perkotaan lapangan pemuda Bulukumba. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tipe deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik purposive sampling yang menentukan informan secara sengaja sesuai kriteria yang ditentukan yaitu remaja berusia 12-24 tahun yang datang ke lapangan pemuda Bulukumba minimal dua kali dalam seminggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  melalui observasi,  wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data akurat terkait masalah yang ada. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus masalah penelitian adalah  bentuk perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik lapangan pemuda Bulukumba beserta faktor yang mempengaruhi bentuk perilaku tersebut dalam memanfaatkan ruang publik lapangan pemuda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) bentuk perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik perkotaan lapangan pemuda Bulukumba adalah berjualan, berolahraga, menyalurkan hobi, berkumpul dan berinteraksi, berfoto, berpacaran, menonton pertunjukan, bermain dan berlatih, serta wisata kuliner. 2) faktor faktor yang mempengaruhi bentuk perilaku sosial remaja dalam memanfaatkan ruang publik perkotaan lapangan pemuda Bulukumba  adalah faktor sosial, faktor ekonomi, faktor budaya, serta faktor pendidikan.


Keywords


perilaku sosial remaja: ruang publik: lapangan pemuda Bulukumba

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

BAHRI, A. S. (n.d.). PERILAKU SOSIAL REMAJA DALAM MENGGUNAKAN RUANG PUBLIK PERKOTAAN.

Batubara, J. R. L. (2010). Adolescent Development. 12(1), 21–29.

Hayati, S. (2018). Penaklukan Ruang Publik Oleh Kuasa Agama. Jurnal Studi Agama, 2(1), 33–51.

Muhid, A., & Fahmi, L. (2018). Perubahan Perilaku Open Defecation Free (ODF) melalui Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Babad Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 99–119.

Muhlis, A., & Norkholis, N. (2016). Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-bukhari (Studi Living Hadis). Jurnal Living Hadis, 1(2), 242–258.

Nday, R. U. (2020). Analisis Hubungan Aktivitas Pedagang Kaki Lima Terhadap Kualitas Ruang Publik Pantai Warna Oesapa, Kota Kupang. GEWANG: Gerbang Wacana Dan Rancang Arsitektur, 2(2), 63–70.

Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Pembinaan perilaku sosial remaja penghuni yayasan islam media kasih kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).

Rahmadani, N. (2021). Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam dan Aktivitas Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Al-Falah Dumai. JURNAL TADZAKKUR, 1(2), 56–68.

Ritzer, G. (2011). The McDonaldization of society 6 (Vol. 6). Pine Forge Press.

Salsabila, P. (2021). Penerapan Teknik Forgiveness Therapy Pada Remaja Akhir Yang Mengalami Abusive Relationship. UIN SMH BANTEN.

SUDARMIN, S. (2017). Analisis Perilaku Geng Motor pada Remaja di Kota Makassar Tahun 2017. Pascasarjana.

Sudarwani, M. M., & Ekaputra, Y. D. (2017). Kajian penambahan ruang terbuka hijau di kota Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 19(1), 47–56.

Sulaiman, S. (2016). Perubahan Sosial Berbasis Tasawuf: Studi Kasus Fethullah Gülen Dan Gülen Movement. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 21–46.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 598 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.