PERANAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENANAMKAN SOLIDARITAS KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 11 BULUKUMBA KECAMATAN BONTO TIRO KABUPATEN BULUKUMBA
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3150
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba, 2) Faktor yang menghambat guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu guru sosiologi, dan siswa kelas X dan XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidarits kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba yaitu: (a) Melakukan karyawisata yang menekankan aspek kerjasama (b) Menggunakan bahasa indonesia dalam interaksi pembelajaran, dan (c) Pengintegrasian materi pelajaran sosiologi. 2) Faktor yang menghambat peranan guru sosiologi dalam menanamkan solidaritas kebangsaan pada peserta didik di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba yaitu: (a) Kemajuan teknologi, (b) Adanya kelompok kecil dalam kelas (klik), (c) Perbedaan suku dan budaya, (d) Lingkungan siswa, dan (e) Kemampuan guru.
Keywords: peran guru, solidaritas kebangsaan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 259 times | PDF view : 120 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.