PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Andri - Sarifuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3116

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Alumni Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni mahasiswa program studi pendidikan sosiologi yang berjumlah 111 orang dengan sampel 30 orang yang ditemtukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferinsial. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa Intensitas Mata Kuliah Kewirausahaan berada pada frekuensi 46,66%  atau berada pada kategori tinggi. Sedangkan Minat Berwirausaha berada pada frekuensi 36,66% dengan kategori sedang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 9,1%  dengan taraf signifikansi rendah yang menunjukkan bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi minat mahasiwa yang lebih besar dibandingkan dengan mata kuliah kewirausahaan yang tidak diteliti oleh peneliti.

 

Keywords: mata kuliah kewirausahaan,  minat berwirausaha 

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 671 times | PDF view : 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.