KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Amriyani - Dewi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3114

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 10 Makassar 2).  upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru sosiologi dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 10 Makassar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan untuk guru yaitu pengampuh mata pelajaran sosiologi, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran sosiologi dikarenakan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal meliputi minat dan motivasi sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan sosial media yang menyebabkan hasil belajar menjadi rendah, sehingga guru berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 10 Makassar dengan meningkatkan minat dan motivasi setiap siswa.

 

Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa 

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3031 times | PDF view : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.