HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X DAN XI DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Rismawati Amin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2555

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskripif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah belajar kelompok (X) dan hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penalitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS SMA Negeri 10 Makassar dan sampelnya adalah 15% dari jumlah 445 siswa menjadi 67 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu teknik strata random sampling. Data diolah dengan menggunakan SPSS 20.

Berdasarkan hasil penelitian menujukkan korelasi (r) sebesar 0,330. Hal ini berarti kebiasaan belajar kelompok mempunyai hubungan yang sedang terhadap tingkat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 10 Makasaar. Dan koefisien determinasi atau R-square (r2) sebesar 0,109 atau 10,9% yang berarti pengaruh antara kebiasaan belajar kelompok sebagai variabel bebas (X) yang terdapat tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi sebagai variabel (Y) adalah sebesar 10,9% dan sisanya 89,1% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan faktor lain yaitu kegiatan diluar kelas seperti organisasi.

 

Kata kunci : Kebiasaan belajar kelompok, hasil belajar sosiologi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF view : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.