PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Megawati Megawati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2548

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi sosial ekonomi orang tua (X) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS SMA Negeri 10 Makassar dan sampelnya 20% dari jumlah populasi atau sebesar 89 siswa ditentukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah dengan menggunakan SPSS 20 dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji  korelasi dan  regresi linier sederhana. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua siswa di SMA Negeri 10 Makassar berada pada kategori sedang sebesar 87% dan prestasi belajar sosiologi siswa berada pada kategori baik sebesar 55%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 10 Makassar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,285 atau 28% perubahan pada varibel prestasi belajar dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua.

 

Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2245 times | PDF view : 305 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.