PEMBERIAN REWARD SEBAGAI UPAYA MEMOTIVASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Irmayanti Irmayanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2544

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian reward dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya sebagai upaya memotivasi siswa di Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru menerapkan pemberian reward sebagai upaya memotivasi siswa di Madrasah Aliyah (MA) Muallimin Muhammadiyah Makassar, meliputi pujian berupa isyarat dan kata-kata, penghargaan dengan kata-kata yang dituliskan pada hasil tugas siswa, hadiah berupa uang bagi siswa yang menjadi peringkat umum di akhir semester dan siswa yang memperoleh nilai tinggi pada hasil mid semester dan 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam pemberian reward sebagai upaya memotivasi siswa untuk belajar di Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Makassar, meliputi antusias siswa dalam memperoleh reward, kerjasama sesama guru dengan melakukan koordinasi dalam pemberian reward kepada siswa, macam-macam variasi yang dilakukan oleh guru dalam pemberian reward kepada siswa dan pemberian reward dalam bentuk hadiah merupakan barang atau benda yang disukai oleh siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam pemberian reward sebagai upaya memotivasi siswa di Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Makassar, meliputi kurangnya pengetahuan sebagian guru tentang siswa-siswa yang mereka hadapi terutama tingkat kecerdasan siswa, pemborosan dalam pemberian reward kepada siswa sehingga membuat siswa manja dan pamrih dalam belajar, perasaan kesal siswa karena telah berusaha beberapa kali untuk mendapat reward tetapi tidak pernah mendapatkan reward yang diinginkannya.

 

Kata Kunci : Reward dan Motivasi Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.