PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Irdayanti Irdayanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2543

Abstract


Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Makassar, adapun tujuan penelitian secara khusus yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada materi masyarakat multikultural di kelas XI IPS 2. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik di kelas XI IPS 2 tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi  dengan subjek penelitian adalah siswa kelas  XI IPS 2  sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan, pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap pada materi masyarakat multikultural mata pelajaran Sosiologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikalyaitu 76 secara individu dan 85% dari jumlah keseluruhan siswa, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya aspek guru yaitu dalam aspek pengelolaan kelas guru masih kurang membimbing siswa dalam melakukan diskusi sehingga suasana kelas menjadi gaduh dan sulit untuk dikontrol, yang mengakibatkan berkurangnya  konsentrasi siswa dalam belajar sedangkan pada siswa masih banyak siswa yang melakukan aktifitas lain yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar seperti mengobrol bersama teman-temannya sehingga perhatian mereka berkurang terhadap penjelasan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II sudah berhasil karena telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikal yaitu 76 secara individu dan 85% dari jumlah keseluruhan siswa. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Kooperetif tipe Jigsaw pada mata pelajaran sosiologi pada materi masyarakat multikultural, dapat menigkatkan  hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Makassar

 

Kata Kunci : Model Jigsaw, Hasil Belajar Sosiologi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1458 times | PDF view : 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.