PENGARUH TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SINJAI SELATAN

Arfah Arfah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2541

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 113 siswa. Mengingat jumlah populasi relatif besar dan tidak dapat diteliti semua sehingga perlu untuk menentukan sampel dari pepulasi tersebut. Oleh karena populasi terbagi atas tingkatan-tingkatan atau strata, maka teknik penarikan sampel yang digunakan strata random sampling sebanyak 30% atau 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Sinjai Selatan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,321 yang berada pada kategori rendah. Untuk uji normalitas data, diperoleh data untuk perhatian orang tua sebesar 0,519 dan hasil belajar sebesar 0,75 dilihat dari shapiri-wilk, karena kedua variabel tersebut lebih besar dari 0,05 maka dapat dinyatakan data tersebut normal. Untuk uji linieritas perhatian orang tua dan hasil belajar diperoleh data sig sebesar 0,305 karena hasil yang diperoleh lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan linier. Untuk pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat perhatian orang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan.

Kata Kunci : Tingkat Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.